KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN CONCEPT MAPPING PADA KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR


Dwi Setyowati, 0103516106 (2019) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN CONCEPT MAPPING PADA KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN CONCEPT MAPPING PADA KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN CONCEPT MAPPING PADA KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Setyowati, Dwi. 2019. “Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Concept Mapping pada Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar”. Tesis. Magister Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang.Pembimbing I Prof. Dr.Samsudi, M.Pd Pembimbing II Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd.366 halaman. Kata Kunci: Concept Mapping, Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Sosial, IPS. Keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar masih kurang optimal.Kenyataan dari penerapan pembelajaran IPS ternyata masih jauh dari kata ideal. IPS hanya menitik beratkan pada hafalan sejumlah materi saja. Hal ini dikarenakan peran guru dalam memberikan pembelajaran kurang menarik, belum maksimal penerapan strategi dan model pembelajaran inovatif, belum maksimal pembelajaran berkelompok, belum maksimal dalam pembuatan rangkuman pembelajaran, pembelajaran belum berorientasi pada kenyataan dan tidak terkait masalah yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi perlakuan eksperimental (kelompok eksperimen) dan yang lain tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karangroto 03 yang berjumlah 40 anak sebagai kelas eksperimen dan 41 anak sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan pretest-posttest, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (a) pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Concept Mappingefektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa pada kelas IV SD; (b) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Concept Mapping; dan (c) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Concept Mapping pada prestasi belajar siswa. Hasil uji N-Gain keterampilan sosial siswa kelas kontrol sebesar 0,21 yang berkategori cukup dan kelas eksperimen sebesar 0,32 yang berkategori sedang. Sedangkan uji n-Gain prestasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 0,17 yang berkategori cukup dan kelas eksperimen sebesar 0,32 yang berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Concept Mapping lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa yang berimbas pada keberhasilan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Saran dalam penelitian ini adalah agar dapat dikembangkan lebih lanjut dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Concept Mapping, Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Sosial, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:39
Last Modified: 04 Nov 2020 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40971

Actions (login required)

View Item View Item