STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN TEHNIK USAP ABUR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI


Diana Kusuma Putri, 0103516031 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN TEHNIK USAP ABUR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN TEHNIK USAP ABUR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI]
Preview
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN TEHNIK USAP ABUR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI)
Download (894kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Putri, Diana Kusuma. 2019. ”Strategi Pembelajaran dengan Tehnik Usap Abur untuk Mengidentifikasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar (Konsentrasi PAUD). Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd.; Pembimbing II: Dr. Kustiono, M.Pd. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Motorik Halus, Seni, Usap Abur Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengidentifikasi kemampuan motorik halus dan seni adalah dengan tehnik usab abur. Dari hasil observasi di TK PGRI 101 Semarang, kegiatan usap abur tidak pernah diajarkan pada anak, karena guru menilai kegiatan tersebut sulit diajarkan untuk anak, dengan alasan kebanyakan anak-anak tidak mau kalau tangannya kotor terkena krayon ketika mengusap abur dan dalam hal menggambar dan menggunting pola yang dibuat anak sendiri masih dengan bantuan guru, sehingga anak tidak mengeksplorasi kreatifitasnya dalam motorik halus dan seni. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah identifikasi kemampuan motorik halus dan seni anak usia dini pada kelompok B TK PGRI 101 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan kegiatan usap abur, mengidentifikasi kelebihan kegiatan usap abur dengan kegiatan motorik halus lainnya dalam kemampuan motorik halus dan seni anak usia dini, dan mengetahui kesulitan anak dalam kegiatan usap abur. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi termasuk catatan anekdot dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dengan tehnik penjabaran atau deskripsi dari lembar observasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1)Tehnik usap abur memudahkan dalam mengidentifikasi kemampuan motorik halus dan seni anak usia dini; (2)Kelebihan kegiatan usap abur adalah terdapat beberapa capaian perkembangan motorik halus dan seni dalam satu kegiatan; (3)Kesulitan anak pada kegiatan usap abur adalah ketika kegiatan menggunting dan mengusap aburkan warna dengan jari.Temuan dari penelitian ini adalah tehnik usap abur baru diperkenalkan ke anak sehingga masih terdapat beberapa anak yang belum sempurna ketika mengusap aburkan warna dengan jari. Saran bagi guru perlu pendekatan ke anak pada area motorik halus dan seni karena tehnik usap abur baru diperkenalkan ke anak dan pada kegiatan usap abur masih terdapat beberapa anak yang belum tuntas ketika mengusap aburkan warna dengan jarimaka kegiatan ini sebaiknya dilakukan lagi pada tema berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Anak Usia Dini, Motorik Halus, Seni, Usap Abur
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:33
Last Modified: 04 Nov 2020 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40967

Actions (login required)

View Item View Item