IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA


Annisa Tiara Linanti, 0402518037 (2020) IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS  DAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA) - Submitted Version
Download (640kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Linanti, A. T. 2020. “Implementasi Asesmen Portofolio untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognitif Peserta Didik SMA pada Materi Sistem Koordinasi Manusia”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pascsarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Saiful Ridlo, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Siti Harnina Bintari, M.S. Kata Kunci: Asesmen Portofolio, Kemampuan Berpikir Kritis, Metakognitif. Berpikir kritis memiliki peranan penting dalam membantu pemahaman mendahalam mengenai suatu hal yang dikaji. Pengembangan kemampuan berpikir kritis melibatkan kontrol aktif proses kognisi dalam pembelajaran yang dikenal sebagai metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah implementasi asesmen portofolio dalam pembelajaran biologi materi sistem koordinasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan metakognitif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Abang, Pali, Sumatera Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest and posttest control group design. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes uraian, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh terdapat rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen sebesar 78,28 dan kelas kontrol sebesar 63,36. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan metakognitif dengan implementasi asesmen portofolio pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji regresi menunjukkan besaran kontribusi asesmen portofolio terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan metakognitif secara berturut-turut adalah 19,1% dan 18,1%. Terdapat peningkatan 9 dari 10 indikator kemampuan berpikir kritis dan 5 indikator metakognitif melalui implementasi asesmen portofolio. Selain itu, terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan metakognitif dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Asesmen Portofolio, Kemampuan Berpikir Kritis, Metakognitif.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:20
Last Modified: 04 Nov 2020 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40965

Actions (login required)

View Item View Item