APLIKASI FOTOGRAFI PADA RANCANGAN MEDIA PROMOSI TOKO KURNIA CAKE UNGARAN
Panji Sri Hardadi, 2411415035 (2020) APLIKASI FOTOGRAFI PADA RANCANGAN MEDIA PROMOSI TOKO KURNIA CAKE UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (APLIKASI FOTOGRAFI PADA RANCANGAN MEDIA PROMOSI TOKO KURNIA CAKE UNGARAN)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini pasar industri memiliki perkembangan yang pesat dan terus bertumbuh sehingga membuat banyak perusahaan berupaya menarik minat konsumen untuk membeli produknya termasuk industri di bidang makanan. Salah satu industri makanan yang telah banyak bermunculan adalah usaha kue. Kurnia Cake merupakan usaha rumahan di bidang kue yang berada di Sidomulyo, Ungaran. Selama ini usaha yang dimiliki oleh Pak Maman ini hanya melakukan promosi satu kali yaitu pada saat pertama kali toko dibuka dengan menggunakan brosur dan diskon 50% untuk 5 hari pertama. Selanjutnya promosi dilakukan secara tradisional, yaitu mengandalkan informasi dari mulut ke mulut saja atau “gethuk tular”. Oleh karena itu perlu suatu strategi media yang bagus untuk mempromosikan suatu usaha agar mempunyai ciri khas tersendiri di mata konsumen. Tujuan dari Proyek Studi ini adalah menghasilkan media promosi dengan memanfaatkan fotografi sebagai elemen utamanya. Tahapan pembuatan karya melalui Proses Preliminary Plan yang terdiri dari pencarian ide, penetapan tujuan karya, pengumpulan data, dan penetapan konsep. Kemudian.Pra Produksi yaitu menentukan obyek foto dan menyiapkan alat serta properti. Lalu proses Produksi dilakukan pemotretan, seleksi foto, perbaikan kualitas foto, layout, dan proses percetakan dan penerapan konten pada media sosial instagram. Tahapan yang terakhir yaitu Pasca Produksi meliputi framing karya, pemasang instagram ads, dan pameran. Dalam pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemenelemen dan prinsip-prinsip desain, antara lain elemen visual yang dominan berupa fotografi dan tipografi. Beberapa foto kemudian diolah menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6 dengan bantuan Colour Effet Pro yang sebelumnya telah dilakukan proses penyeleksian foto dengan pertimbangan kualitas eksposur. Selanjutnya, pemberian tagline yang berisi informasi terkait produk, alamat, kontak Kurnia Cake pada setiap rancangan media promosi. Ciri umum pada setiap rancangan media promosi yaitu menggunakan foto kue sebagai background agar menampilkan produk Kurnia Cake yang dapat menjadi fokus utama calon konsumen. Pemilihan warna dengan tetap mempertahankan warna asli kue. Pesan yang terkandung pada setiap karya bersifat informatif untuk memperkenalkan produk Kurnia Cake dan persuasif untuk membeli produk Kurnia Cake. Perancangan ini menghasilkan media promosi berupa Konten Instagram, Kartu Nama, Brosur, Daftar Menu, dan X-Banner yang diharapkan dapat menjadi upaya membangun eksistensi dan menguatkan citra perusahan agar lebih dapat bersaing dengan kompetitor.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fotografi, Desain Komunikasi Visual, Media Promosi, Toko Kurnia Cake Ungaran. |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 05:12 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 05:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40957 |
Actions (login required)
View Item |