PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU DOMINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA HSK 1 BAGI PEMULA
Nur Wahyu Wulandari, 2404415024 (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU DOMINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA HSK 1 BAGI PEMULA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU DOMINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA HSK 1 BAGI PEMULA)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan peserta didik yang mengalami kesulitan untuk mempelajari kosakata dikarenakan tingkat kerumitan hanzi yang cukup tinggi dan sulit diingat. Penyebabnya antara lain kurangnya variasi model serta metode dalam pembelajaran yang menyebabkan suasana belajar di kelas membosankan sehingga antusias siswa dalam proses belajar mengajar rendah serta menyulitkan siswa untuk mempelajari dan menyerap kosakata dengan mudah. Meskipun media yang digunakan cukup beragam, namun saat ini belum ada media yang efektif dan kreatif untuk memaksimalkan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya mengembangkan media yang berupa Permainan Kartu Domino. Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1)Menganalisis kebutuhan pelajar SMA dan mahasiswa terhadap Media Kartu Domino pada pembelajaran Bahasa Mandarin Untuk Pemula. 2) Mengetahui prosedur pengembangan Media Kartu Domino pada pembelajaran Bahasa Mandarin Untuk Pemula. 3) Mengetahui hasil validasi ahli terhadap Media Kartu Domino Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu (1) analisis kebutuhan (2) perancangan desain (3) implementasi desain (4) validasi desain , (5) revisi desain. Berdasarkan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik menghendaki dengan adanya pengembangan media baru yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa Media Pembelajaran berbentuk Permainan Kartu Domino mendapat nilai rata-rata keseluruhan 87,75 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan, sedangkan validasi oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata keseluruhan 85,9 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan. Media kemudian diperbaiki sesuai saran perbaikan yang diberikan para ahli pada aspek-aspek tertentu.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media, kartu domino, kosakata, Bahasa Mandarin |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 05:05 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 05:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40956 |
Actions (login required)
View Item |