KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD


Dian Januarsi, 0103517137 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD)
Download (574kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Januarsi, Dian. 2019. “Keefektifan Model Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap Prestasi belajar dan Sikap Percaya Diri Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik SD”. Tesis. Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Totok Sumaryanto Florentinus, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Muhammad Khafid, S.Pd., M.Si Kata Kunci: Problem Based Learning, Think Pair Share, Sikap Percaya Diri. Salah satu materi yang dianggap sulit oleh peserta didik di SD Negeri 01 Klego, Pekalongan adalah pada tema VIII subtema 3 pembelajaran 3. Hasil ulangan tema VIII menunjukkan bahwa terdapat 56% peserta didik yang nilainya kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Selain itu, sikap percaya diri peserta didik juga masih rendah. Model pembelajaran yang menyenangkan dibutuhkan oleh peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisis peningkatan prestasi belajar dan sikap percaya diri peserta didik dengan menggunakan model problem based learning dan think pair share. Mengetahui dan menganalisis keefektifan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan model pembelajaran think pair share dalam meningkatkan Prestasi belajar dan sikap percaya diri siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di kecamatan Pekalongan Timur. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh 151 anak dari SDN Klego 01 sebanyak 61 siswa (2 kelas) dan SDN Poncol 2 sebanyak 90 siswa (3 kelas). Data penelitian ini diperoleh dari tes dan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis t-test menggunakan software SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar dan sikap percaya diri peserta didik setelah dilakukan pembelajaran tema VIII sub tema 3 pembelajaran 3 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan uji t nilai sig < 0,05; adanya peningkatan prestasi belajar dan sikap percaya diri peserta didik setelah dilakukan pembelajaran tema VIII sub tema 3 pembelajaran 3 dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan uji t nilai sig < 0,05; dan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Think Pair Share pada . pembelajaran tema VIII sub tema 3 pembelajaran 3 dengan uji t nilai sig < 0,05. Simpulan penelitian ini yaitu model Problem Based Learning dan Think Pair Share efektif dalam meningkatkan Prestasi belajar dan sikap percaya diri peserta didik. model Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan model Think Pair Share dalam meningkatkan Prestasi belajar dan sikap percaya diri peserta didik. Sehingga disarankan penelitian ini dapat dijadikan acuan dan diterapkan untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif di sekolah dasar dengan model Problem Based Learning maupun model Think-Pair-Share.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problem Based Learning, Think Pair Share, Sikap Percaya Diri.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:48
Last Modified: 04 Nov 2020 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40953

Actions (login required)

View Item View Item