KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFICACY SISWA


Devi Purwanti, 0103517145 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFICACY SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFICACY SISWA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFICACY SISWA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Purwanti, Devi. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa”. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Zaenuri, S.E, M.Si, Akt, Pembimbing II Dr. Mohammad Asikin, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL, Etnomatematika, Self Efficacy. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis keefektifan model PBL bernuansa etnomatematika dengan motif batik selotigo dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) Menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada model PBL bernuansa etnomatematika dengan motif batik selotigo ditinjau dari self-efficacy siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah mix methode dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 4 sekolah dasar Gugus Imam Bonjol Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster randown sampling. Sampel penelitian adalah SD N Sidorejo Lor 07 Kota Salatiga sebagai kelas eksperimen dan SD N Sidorejo Lor 03 Kota Salatiga sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah enam siswa yang ditentukan berdasarkan tingkat self efficacy yaitu 2 siswa dengan self efficacy tinggi, 2 siswa dengan self efficacy sedang, dan 2 siswa dengan self efficacy rendah. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL bernuansa etnomatematika dengan motif batik selotigo efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan self efficacy tinggi mampu mencapai dengan baik pada indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan pemeriksaan kembali. Mampu melakukan keempat tahap pemecahan masalah dengan baik; kemampuan pemecahan masalah siswa dengan self efficacy sedang mampu mencapai dengan baik pada indikator memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah, kurang mampu pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian masalah, serta mampu memcapai dengan baik pada indikator pemeriksaan kembali; dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan self efficacy rendah mampu mencapai dengan baik pada indikator memahami masalah dan pemeriksaan kembali sedangkan pada indikator merencanakan penyelesaian masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah kurang mampu. Guru dapat merancang model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa dengan mengetahui self efficacy siswa. Adanya model pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika dapat melatih kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL, Etnomatematika, Self Efficacy.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Efficacy
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:43
Last Modified: 04 Nov 2020 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40952

Actions (login required)

View Item View Item