KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK PADA MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) BERBASIS ICT


Dessy Octaviani, 0103517033 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK PADA MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) BERBASIS ICT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS  DAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK PADA MODEL  SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION  INTELLECTUALY (SAVI)  BERBASIS ICT]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK PADA MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) BERBASIS ICT)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Octaviani, D. 2019. ”Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Life Skill Peserta Didik Pada Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Berbasis ICT”. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Dwijanto, M.S., Pembimbing II Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Life Skill, Model SAVI,ICT Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis keefektifan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis pada model SAVI berbasis ICT dibandingkan pada model SAVI, 2) menganalisis keefektifan pencapaian life skill pada model SAVI berbasis ICT dibandingkan kelas model SAVI, 3) menganalisis pengaruh positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan life skill pada model SAVI berbasis ICT, 4) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis pada model SAVI berbasis ICT, 5) mendeskripsikan life skill peserta didik pada model SAVI berbasis ICT. Jenis penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Subjek penelitian ada 6 peserta didik yang ditentukan dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dan hasil inventori life skill. Setiap kelompok atas dan kategori tinggi diambil 2 peserta didik, kelompok tengah dan kategori sedang diambil 2 peserta didik, dan kelompok bawah dan kategori rendah diambil 2 peserta didik. Pengumpulan data kuantitatif adalah hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan inventori life skill peserta didik. Pengumpulan data kualitatif dalam penelitian ini adalah keabsahan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan pada kemampuan berpikir kreatif matematis dan life skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SAVI berbasis ICT efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan life skill peserta didik. Persentase KBKM peserta didik kelompok atas 30%, kelompok tengah 40%, kelompok bawah 30%. Sedangkan kategori life skill tinggi 30%, life skill sedang 60%, dan life skill rendah 10%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan : (1) model pembelajaran SAVI berbasis ICT dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk melatih berpikir kreatif matematis dan life skill, (2) setiap peserta didik memiliki tingkatan berpikir kreatif yang berbeda, maka guru perlu mempelajari karateristik pemikiran kreatif dan pengembangan life skill setiap peserta didik, dan (3) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan peneliti menggunakan waktu penelitian yang lama untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis dan life skill peserta didik pada model pembelajaran SAVI berbasis ICT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Life Skill, Model SAVI,ICT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:38
Last Modified: 04 Nov 2020 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40950

Actions (login required)

View Item View Item