MODEL PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN OLAHRAGA UNGGULAN STRATEGIS BERBASIS KEMITRAAN DI KOTA SEMARANG


Rif’iy Qomarrullah, 0601614002 (2020) MODEL PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN OLAHRAGA UNGGULAN STRATEGIS BERBASIS KEMITRAAN DI KOTA SEMARANG. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN OLAHRAGA UNGGULAN STRATEGIS BERBASIS KEMITRAAN DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (MODEL PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN OLAHRAGA UNGGULAN STRATEGIS BERBASIS KEMITRAAN DI KOTA SEMARANG) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rif’iy Qomarrullah. 2020. “Model Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Unggulan Strategis Berbasis Kemitraan di Kota Semarang”. Disertasi. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd., Kopromotor Prof. Dr. Sugiharto, M.S., Anggota Promotor Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. Kata Kunci: Model, pembinaan, pengembangan, olahraga. Terjadinya gab pembinaan dan pembinaan olahraga prestasi di Jawa Tengah kian nampak, dan fokus pembinaan masih belum jelas. Cabang olahraga (Cabor) unggulan strategis dan unggulan utama belum terpetakan dengan baik, dan program jangka panjang dari PPLP di Jawa Tengah belum nampak. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk: mendeskripsikan bagaimana pembinaan dan pengembangan olahraga sebelumnya, menemukan model yang tepat, menguji validitasnya, dan menguji penerapannya, dan keefektifannya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah R and D, menggunakan desain 4 D yaitu: define, design, develop and disseminate. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 43 atlet usia dini 6-12 tahun, pada bulan Desember 2019 hingga Oktober 2020 menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi: pengukuran kemampuan fisik, teknik, dan tes kepribadian olahraga. Teknik analisis data yang digunakan adalah justifikasi persentase skor rata-rata. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Model pembinaan dan pengembangan olahraga sebelum pengembangan produk adalah berpola pohon-ranting dan mengarah pada usia di atas 15 tahun; (2) Model yang ditemukan adalah manajemen olahraga terpadu dalam bentuk PPOPD Kota Semarang yang mewadahi 6 cabang olahraga dan berfokus pada usia dini; (3) Pengembangan produk model dinyatakan oleh para ahli adalah cukup layak sehingga dapat digunakan pada tahap uji lapangan; (4) Berdasarkan uji penerapan model pembinaan dan pengembangan olahraga unggulan strategis berbasis kemitraan di Kota Semarang dalam dua uji, yakni: skala kecil dan skala lebih luas diperoleh skor rata-rata baik dan berhasil, selanjutnya produk model dapat digunakan pada uji keefektifan; dan (5) Berdasarkan hasil uji keefektifan produk diperoleh total skor rata-rata yang termasuk kategori baik, oleh karenanya produk model dinyatakan berhasil dan dapat di sebarluaskan. Hasil riset ini diharapkan memberikan faedah kepada pelatih/atlet, peneliti, dan pemangku kepentingan untuk dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai rujukan pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi. Namun, keterbatasan dari penelitian ini adalah baru dilaksanakan pada olahraga usia dini di Kota Semarang dan terbatas pada enam cabang olahraga, sehingga dibutuhkan penelitian lanjutan yang lebih luas cakupannya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model, pembinaan, pengembangan, olahraga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:34
Last Modified: 04 Nov 2020 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40949

Actions (login required)

View Item View Item