KONSTRUKSI STRUKTUR MENTAL MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN ACE


Kristina Wijayanti, 0401614008 (2020) KONSTRUKSI STRUKTUR MENTAL MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN ACE. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONSTRUKSI STRUKTUR MENTAL MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN ACE]
Preview
PDF (KONSTRUKSI STRUKTUR MENTAL MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN ACE) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wijayanti, Kristina. (2020). Konstruksi Struktur Mental Mahasiswa Pada Pembelajaran ACE. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor: Prof. Dr. St. Budi Waluya, M.Si., Kopromotor: Prof. Dr. Kartono, M.Si., Anggota Promotor: Dr. Isnarto, M.Si. Kata kunci: APOS, dekomposisi genetik, pembelajaran ACE, struktur mental. Salah satu aktivitas dalam mengkonstruksi bukti adalah mengolah informasi. Cara yang disukai dalam memilih, memahami, dan mengolah informasi baru disebut gaya kognitif. Ada tiga gaya kognitif yaitu field-independent (FI), field- neutral (FN), dan field-dependent (FD). Pembelajaran berbasis APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema) diawali dengan sebuah dugaan yang disebut dekomposisi genetik. Pembelajaran ACE merupakan pembelajaran berbasis APOS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan awal mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti (KAM) pada materi prerequisite, kualitas pembelajaran ACE, struktur mental yang dikonstruksi mahasiswa berdasarkan gaya kognitif dan kemampuan awal dalam mengkonstruksi bukti, dan dekomposisi genetik untuk materi grup. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian dengan metode campuran strategi embedded concurrent dengan metode primer kualitatif dan metode sekunder kuantitatif. Untuk metode kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan tes dan teknik analisis data menggunakan uji binomial dan uji Mann-Whitney. Untuk metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan observasi dan teknik analisis data selama di lapangan menggunakan model Miles dan Huberman. Derajat kepercayaan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil analisis KAM adalah ketuntasan klasikal belum tercapai dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan awal mengkonstruksi bukti pada pembelajaran ACE dan pada pembelajaran Langsung. Dari analisis kualitas pembelajaran ACE diperoleh bahwa perangkat dan proses pembelajaran ACE termasuk pada rentang penilaian baik dan sangat baik, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh ketercapaian ketuntasan klasikal dan rata-rata kemampuan mengkonstruksi bukti pada kelas yang dikenai pembelajaran ACE lebih tinggi daripada pada kelas yang dikenai pembelajaran Langsung. Hasil penelitian kualitatif menemukan deskripsi struktur mental yang dikonstruksi oleh mahasiswa berdasarkan KAM dan gaya kognitif dan menemukan dekomposisi genetik yang digunakan sesuai untuk materi grup.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: APOS, dekomposisi genetik, pembelajaran ACE, struktur mental.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:23
Last Modified: 04 Nov 2020 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40945

Actions (login required)

View Item View Item