KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANJARNEGARA


Budy Arty , 4401406046 (2011) KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK  GURU BIOLOGI SMA NEGERI  DI KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANJARNEGARA) - Published Version
Download (806kB) | Preview

Abstract

Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 tahun 2005) pasal 1 bahwa guru adalah pendidik profesional. Seorang guru dikatakan profesional jika mampu memenuhi empat kompetensi, yaitu kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial. Kompetensi profesional dan pedagogik merupakan cerminan kemampuan dasar mengajar seorang guru yang ditunjukkan dalam kegiatan pembelajaran. Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru di masa mendatang akan semakin komplek. Di masa depan, guru bukan satu-satunya orang yang lebih pandai di tengah-tengah siswanya. Jika guru tidak memahami mekanisme dan pola penyebaran informasi yang demikian cepat, ia akan terpuruk secara profesional. Untuk menghadapi tantangan profesionalitas tersebut, guru harus bekerja lebih kompeten dan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas KBM. Penelitian ini dilakukan di 8 SMA Negeri di kabupaten Banjarnegara dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang guru yang diambil secara proporsional, diantaranya 4 guru PNS yang telah tersertfikasi, 4 guru PNS yang belum tersertifikasi, dan 2 guru wiyata bakti. Untuk mengukur kompetensi profesional menggunakan lembar observasi pada saat kegiatan pembelajaran, lembar wawancara untuk guru biologi dan angket untuk siswa. Untuk mengukur kompetensi pedagogik menggunakan angket untuk guru biologi, dan lembar wawancara untuk kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan, kompetensi profesional guru PNS yang telah tersertifikasi memperoleh skor 81%, guru PNS yang belum tersertifikasi memperoleh skor 75.5%, dan guru wiyata bakti memperoleh skor 83.6%. Berdasarkan kriteria yang digunakan, maka kompetensi profesional guru biologi subjek penelitian ini termasuk dalam kategori baik dengan rentangan skor 70%-84%. Untuk kompetensi pedagogik guru biologi, baik guru PNS yang telah tersertifikasi, guru PNS yang belum tersertifikasi maupun guru wiyata bakti secara umum termasuk dalam kriteria baik. Dari hasil penelitian disimpulkan, bahwa kompetensi profesional dan pedagogik yang dimiliki oleh guru biologi yang mengajar di SMA Negeri di kabupaten Banjarnegara baik guru PNS yang telah tersertifikasi, guru PNS yang belum tersertifikasi maupun guru wiyata bakti termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan simpulan tersebut, perlu peningkatan kompetensi profesional guru biologi, terutama aspek pada kemampuan mengadakan variasi pembelajaran, baik melalui pelatihan, seminar, MGMP maupun yang lainnya sehingga guru lebih kreatif menciptakan variasi pembelajaran dalam KBM. Meskipun secara umum kompetensi pedagogik guru biologi sudah baik, tetapi masih ada aspek yang perlu ditingkatkan lagi, yaitu penggunaan teknologi dalam pembelajaran, variasi alat evaluasi dan kemampuan penelitian guru

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, guru profesional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2011 04:52
Last Modified: 25 Apr 2015 05:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item