LOCAL INSTRUCTION THEORY DENGAN MODEL PACE BERBANTUAN MODUL BERBASIS MASALAH UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR DAN MENUMBUHKAN PENALARAN STATISTIS


Yusfita Yusuf, 0401616007 (2020) LOCAL INSTRUCTION THEORY DENGAN MODEL PACE BERBANTUAN MODUL BERBASIS MASALAH UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR DAN MENUMBUHKAN PENALARAN STATISTIS. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of LOCAL INSTRUCTION THEORY DENGAN MODEL PACE BERBANTUAN MODUL BERBASIS MASALAH UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR DAN MENUMBUHKAN PENALARAN STATISTIS]
Preview
PDF (LOCAL INSTRUCTION THEORY DENGAN MODEL PACE BERBANTUAN MODUL BERBASIS MASALAH UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR DAN MENUMBUHKAN PENALARAN STATISTIS) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yusuf, Yusfita. 2020. “Local Instruction Theory dengan Model PACE berbantuan Modul Berbasis Masalah Untuk Mengatasi Hambatan Belajar Dan Menumbuhkan Penalaran Statistis”. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd., Kopromotor Prof. YL Sukestiyarno, M.S.,Ph.D., Anggota Promotor Dr. Isnarto, M.Si. Kata Kunci: Local Instruction Theory, hambatan belajar, penalaran statistis. Mahasiswa Pendidikan Matematika perlu memiliki penalaran statistis. Penalaran statistis merupakan esensi dari pembelajaran statistika. Namun, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran statistika khususnya materi statistika deskriptif, yang menyebabkan kurang berkembangnya penalaran statistis. Kondisi seperti ini harus diatasi dengan merancang suatu pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa sehingga dapat mengatasi hambatan belajar dan menumbuhkan penalaran statistis. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana hambatan belajar beserta faktor penyebabnya pada penalaran statistis sehingga dapat menghasilkan teori tentang proses pembelajaran pada materi statistika deskriptif yang dikenal dengan istilah local instruction theory (LIT) yang dapat mengatasi hambatan belajar dan menumbuhkan penalaran statistis. Tujuan penelitian ini adalah menemukan hambatan belajar beserta faktor penyebabnya sebagai landasan dalam menciptakan local instruction theory yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa sehingga dapat mengatasi hambatan belajar dan menumbuhkan penalaran statistis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah design research. Adapun tahapannya adalah tahap persiapan, melakukan kajian teori dan analisis hambatan belajar sehingga dapat disusun suatu hipotetical learning trajectory (persiapan penelitian); pelaksanaan pembelajaran; dan terakhir adalah analisis tinjauan terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan HLT yang telah disusun tadi sehingga dihasilkan LIT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima jenis hambatan belajar yaitu hambatan ontogeni, epistemology, kognitif, hambatan didaktis dan hambatan psikologis. Selanjutnya dilakukan rancangan HLT dengan model PACE berbantuan modul berbasis masalah, kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan rancangan tersebut. Setelah dilakukan beberapa perbaikan terhadap HLT maka diperoleh LIT yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. LIT tersebut dapat meningkatkan penalaran statistis dengan kategori sedang (54,17%) dan tinggi (45,83%). Selain itu, mahasiswa yang mengalami hambatan belajar berkurang, dimana beberapa hambatan belajar dapat teratasi, dan sebagian hambatan belum teratasi dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Local Instruction Theory, hambatan belajar, penalaran statistis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:01
Last Modified: 04 Nov 2020 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40939

Actions (login required)

View Item View Item