KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASAR KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V


Bayu Rahmanto, 0103514016 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASAR KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASAR KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASAR KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V)
Download (672kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rahmanto, Bayu. 2019. “Kemampuan Berpikir Kritis Berdasar Keterampilan Proses Sains dengan Model Number Head Together Berbantuan Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas V”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Susilo, M.S. Pembimbing II Dr. Rochmad, M.Si. Kata Kunci : keterampilan proses sains, berpikir kritis, numbered head together. Kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada jenjang sekolah dasar dirasakan masih rendah. Banyak pemerhati pendidikan yang berpendapat bahwa kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta didik kurang diperhatikan. Fokus masalah penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis; 2) mendeskripsikan keterampilan proses sains; 3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix method. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan purpose sampling. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN Kangkung 1 dan SDN Kangkung 3. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian untuk kemampuan berpikir kritis berdasarkan keterampilan proses sains peserta didik menunjukan bahwa peserta didik dengan keterampilan proses sains tinggi memiliki dua kecenderungan kemampuan berpikir kritis yaitu tinggi dan sedang, peserta didik dengan keterampilan proses sains sedang juga memiliki dua kecenderungan kemampuan berpikir kritis yaitu sedang dan rendah, namun pada penelitian kali ini tidak terdapat peserta didik dengan keterampilan proses sains rendah. Keterampilan proses sains memiliki hubungan kuat terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan bahwa 88,36% kemampuan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik mampu dijelaskan oleh tinggi rendahnya keterampilan proses sains, sedangkan sisanya sebesar 11,64 % mungkin disebabkan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini disarankan agar dalam pembelajaran, keterampilan proses sains lebih diperhatikan karena berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : keterampilan proses sains, berpikir kritis, numbered head together.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:19
Last Modified: 04 Nov 2020 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40937

Actions (login required)

View Item View Item