KEEFEKTIFAN TEKNIK PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA WAYANG KANCIL PADA PEMBELAJARAN DEMOKRASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR


Bagus Prasetiyo, 0103517082 (2019) KEEFEKTIFAN TEKNIK PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA WAYANG KANCIL PADA PEMBELAJARAN DEMOKRASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN TEKNIK PAIRED STORYTELLING  BERBANTUAN MEDIA WAYANG KANCIL PADA PEMBELAJARAN DEMOKRASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN TEKNIK PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA WAYANG KANCIL PADA PEMBELAJARAN DEMOKRASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR)
Download (821kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Prasetiyo, Bagus. 2019. Keefektifan Teknik Paired Storytelling Berbantuan Media Wayang Kancil pada Pembelajaran Demokrasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Dewi Liesnoor S, M.Si. Pembimbing II: Yuli Kurniawati S P,S. Psi, M.A., D.Sc. Kata kunci: paired storytelling, pembelajaran demokrasi, wayang kancil. Pelaksanaan pembelajaran demokrasi dengan aspek: saling menerima, hidup bersama dalam perbedaan, menghargai pendapat orang lain, tanggung jawab, dan bersikap adil di kelas V SDN Petompon 01 Semarang belum secara optimal menstimulus interaksi antar siswa baik itu kemampuan membaca, menyimak, menulis, serta berbicara . Selain itu penggunaan media masih berupa gambar sederhana sehingga siswa masih kurang optimal dalam pemaknaan media pembelajaran. Berdasarkan penjelasan tersebut maka penelitian ini bertujuan (1) menganalisis penerapan pembelajaran demokrasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar; (2) menganalisis efektivitas teknik paired storytelling berbantuan media wayang kancil dan strategi reading aloud terhadap sikap demokratis siswa kelas V Sekolah Dasar; (3) menganalisis efektivitas teknik paired storytelling berbantuan media wayang kancil dan strategi reading aloud terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design . Metode pengambil data dengan observasi pada sikap demokratis siswa dan hasil belajar siswa tema Lingkungan Sahabat Kita. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan siswa kelas VB SDN Petompon 01 Semarang. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji N-gain berdasarkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan teknik paired storytelling berbantuan media wayang kancil pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan strategi reading aload pada kelas kontrol. Rata-rata sikap demokratis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata sikap demokratis siswa pada kelas kontrol. Selain itu hasil belajar kognitif siswa menunjukan indikator keefektifan yaitu: (1) proporsi ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen bernilai 93 yang lebih dari proporsi ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol yaitu bernilai 73; (2) hasil uji beda rata-rata diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,008 < 0,05 yang berarti ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (3) peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen bernilai 0,42 yang artinya berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulakan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pada kelas kontrol terhadap sikap demokratis dan hasil belajar kognitif siswa kelas V Sekolah Dasar. Peneliti menyarankan bahwa wayang kancil dijadikan media pembelajaran demokrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: paired storytelling, pembelajaran demokrasi, wayang kancil.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:14
Last Modified: 04 Nov 2020 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40936

Actions (login required)

View Item View Item