PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERORIENTASI LITERASI SAINS DAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA


Astin Dwi Setyasih, 0103516013 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERORIENTASI LITERASI SAINS DAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERORIENTASI LITERASI SAINS DAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERORIENTASI LITERASI SAINS DAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Setyasih, Astin Dwi. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berorientasi Literasi Sains dan Higher Order Thinking Skills Siswa”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prof. Dr. Hartono, M.Pd., Pembimbing II. Dr. Andreas Priyono Budi Prasetyo, M.Ed. Kata Kunci : bahan ajar, higher order thinking skills, literasi sains, tematik Literasi sains dan higher order thinking skills adalah suatu kecakapan yang harus diajarkan oleh siswa sejak dini. Kedua hal tersebut bisa diajarkan dengan mengembangkan sutu bahan ajar tematik berorientasi literasi sains dan higher order thinking skills. Cakupan masalah hanya dibatasi pada pengembangan bahan ajar tematik berorientasi literasi sains dan higher order thinking skills siswa. Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar tematik untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan proses berpikir higher order thinking skills. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan rancangan Borg & Gall. Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar tematik berorientasi literasi sains dan higher order thinking skills. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi analisis data deskriptif kuantitatif terkait kevalidan dan keterbacaan bahan ajar, dan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar digunakan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar yang dikembangkan valid dan memuat semua komponen literasi sains yang meliputi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara berpikir, dan interaksi antara sains teknologi dan masyarakat secara berimbang yang berorientasi pada kurikulum 2013, (2) setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan terlihat peningkatan literasi sains dalam diri siswa yaitu kemampuan siswa dalam menerapkan ilmu sains untuk menyelesaikan suatu permasalahan, (3) setelah melakukan pembelajaran dengan bahan ajar yang dikembangkan terlihat peningkatan proses berpikir higher order thinking skills siswa yaitu siswa dapat mengerjakan soal dengan karta kerja operasional analisis, evaluasi dan kreasi. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar tematik berorientasi literasi sains dan higher order thinking skills ini efektif dalam meningkatkan literasi sains dan proses berpikir higher order thinking skills siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : bahan ajar, higher order thinking skills, literasi sains, tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:10
Last Modified: 04 Nov 2020 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40935

Actions (login required)

View Item View Item