ANALISIS PERBEDAAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM POSING


ANNISA ROCHMAWATI, 0103516023 (2019) ANALISIS PERBEDAAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM POSING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PERBEDAAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)  DAN PROBLEM POSING]
Preview
PDF (ANALISIS PERBEDAAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM POSING)
Download (722kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rochmawati, Annisa. 2019. “Analisis Perbedaan Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV dengan Model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Posing”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Wiyanto, M.Si. Pembimbing II Dr. Saiful Ridlo, M.Si. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi Pembelajaran IPA sejak dini jenjang sekolah dasar dengan pemahaman konsep dan mengaktifkan siswa melalui kegiatan yang bermakna untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad 21 yang kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan keterampilan abad 21 pembelajaran IPA siswa kelas IV SD menggunakan model PjBL dan Problem Posing. Penelitian kuasi eksperimen ini penentuan subjeknya secara purposive pada siswa kelas IV SDN Randuagung berjumlah 35 siswa dan SDN Sukorejo berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi dan memberikan tes keterampilan berpikir kritis dan kreativitas sesudah melaksanakan pembelajaran. Analisis data menggunakan MANOVA untuk menganalisis perbedaan kedua model, dan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui profil. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan abad 21 yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model PjBL dan Problem Posing dan diperoleh nilai F = 7.379 dengan taraf signifikansi kurang dari 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Pada keterampilan berpikir kritis tidak terdapat perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Pada model PjBL aspek paling tinggi pada masing-masing keterampilan secara urut adalah: a) menafsirkan; b) elaborasi c) visual; d) saling ketergantungan tugas. Pada model Problem Posing aspek paling tinggi pada masing-masing keterampilan secara urut adalah: a) menafsirkan; b) elaborasi; c) tingkah laku.; d) keterampilan sosial individual siswa. Berdasarkan hasil analisis profil kedua model pembelajaran didapatkan hasil bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreativitas memiliki skor tinggi pada aspek yang sama, yaitu menafsirkan dan elaborasi. Sedangkan pada keterampilan komunikasi memiliki perbedaan, dimana PjBL tertinggi pada aspek visual, sedangkan Problem Posing pada aspek tingkah laku. Pada keterampilan komunikasi PjBL paling tinggi pada aspek saling ketergantungan tugas, sedangkan Problem Posing pada aspek keterampilan sosial individual siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:00
Last Modified: 04 Nov 2020 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40929

Actions (login required)

View Item View Item