ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO


Anisa Yuni Pertiwi, 0103517047 (2019) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO]
Preview
PDF (ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pertiwi, Anisa Yuni. 2019. Analisis Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA melalui Model Problem Based Learning berbantuan Media Video. Tesis. Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Sri Mulyani Endang Susilowati, Pembimbing II Khumaedi. Kata kunci: Model Problem Based Learning, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, media video Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir siswa dan (2) mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA melalui model PBL berbantuan media video. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Danareja 02 dan SDN Cilongok 02 Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Jumlah sampel keseluruhan sebanyak 63 siswa. Sampel diambil dengan teknik non-probability sampling bentuk purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket, soal tes, pedoman wawancara, dokumen, dan pedoman pengamatan. Teknik pengumpulan menggunakan teknik tes, kuesioner (angket), wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data motivasi belajar dan berpikir kritis dianalisis secara kuantitatif dengan uji ketuntasan, uji peningkatan, dan uji korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran PBL berbantuan media video mengalami peningkatan. Hasil uji N-Gain motivasi belajar sebesar 0,56 atau kriteria sedang dan hasil uji N-Gain berpikir kritis sebesar 0,54 atau kriteria sedang; (2) terdapat korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Motivasi belajar memengaruhi kemampuan berpikir kritis sebesar 34,9%, sedangkan sisanya sebesar 65,1% mungkin disebabkan oleh faktor lain. Motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran PBL berbantuan media video mengalami peningkatan dan memiliki korelasi. Model pembelajaran PBL berbantuan media video efektif meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SDN Danareja 02 dan SDN Cilongok 02 tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Problem Based Learning, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, media video
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:55
Last Modified: 04 Nov 2020 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40927

Actions (login required)

View Item View Item