PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI GELOMBANG BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN INFORMATION AND COMMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) LITERACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Ridho Adi Negoro, 0403517022 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI GELOMBANG BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN INFORMATION AND COMMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) LITERACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI GELOMBANG BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN INFORMATION AND COMMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) LITERACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI GELOMBANG BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN INFORMATION AND COMMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) LITERACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA) - Submitted Version
Download (8MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Negoro, R A. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Materi Gelombang Berbantuan Scratch Untuk Meningkatkan Information and Communication Technology (ICT) Literacy Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Dr. Mahardika Prasetya Aji, M.Si. Kata kunci: bahan ajar, gelombang, Scracth, ICT literacy, berpikir kritis. Pesatnya perkembangan teknologi menuntut pendidikan menghadirkan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berbasis IT pada siswa. Beringan dengan hal tersebut, rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa berdampak pada penguasaan konsep fisika yang rendah. Materi fisika yang dikemas dengan kemuktahiran teknologi dan pemrogaman komputer dapat menjadi salah satu alternatif solusi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Gelombang berbantuan Scratch untuk meningkatkan ICT literacy dan keterampilan berpikir kritis. Ketersediaan bahan ajar fisika berbasis keterampilan abad 21 yang masih sedikit menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi pengembangan produk ini. Metode penelitian ini adalah penelitian R & D dengan prosedur penelitian yaitu Define, Design, dan Develop. Uji coba produk yang dilakukan peneliti menggunakan metode experimental design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar materi gelombang berbasis ICT dengan berbantuan pemrogaman Scratch dengan muatan pendekatan pembelajaran kontekstual yang bertujuan untuk mengungkap gejala dan fenomena fisika yang erat di kehidupan sehari-hari. Rerata persentase kelayakan segi materi didapatkan sebesar 87,98% dengan kategori sangat layak. Rerata persentase kelayakan media didapatkan sebesar 87,92% dengan kategori sangat layak. Tingkat keterbacaan bahan ajar melalui tes rumpang dan angket keterbacaan masing-msing memiliki persentase 87,22% dan 84,97% dengan kategori sangat mudah dipahami. Respons siswa dan guru masing-masing memiliki rerata persentase 93,57% dan 93,33% yang berarti dalam kriteria sangat baik. Uji coba produk menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan ICT literacy dan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan bahan ajar Gelombang berbantuan Scratch untuk siswa SMA tergolong signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bahan ajar, gelombang, Scracth, ICT literacy, berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:50
Last Modified: 04 Nov 2020 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40925

Actions (login required)

View Item View Item