PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS DAN PENGEMBANGAN LIFE SKILLS SISWA SD


ANIS YUSNITASARI, 0103516003 (2019) PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS DAN PENGEMBANGAN LIFE SKILLS SISWA SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS DAN PENGEMBANGAN  LIFE SKILLS SISWA SDPEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS DAN PENGEMBANGAN]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS DAN PENGEMBANGAN LIFE SKILLS SISWA SDPEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS DAN PENGEMBANGAN)
Download (548kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Anis Yusnitasari. 2019. “Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Terpadu berbasis Etnosains dan Pengembangan Life Skills Siswa SD”. Tesis. Progam Studi Pendidikan Dasar PGSD. Progam Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sarwi, M.Si., Pembimbing II Dr. Wiwi Isnaeni, M.Si. Kata Kunci : Etnosains, Inkuiri terbimbing, Life skills, Penguasaan konsep IPA terpadu Pembelajaran IPA di sekolah dasar masih belum optimal karena siswa masih belum menguasai konsep IPA dengan baik. Pendidikan life skills di sekolah dasar juga belum dilakukan secara optimal. Rasa cinta pada budaya daerah dapat diajarkan di sekolah dasar melalui pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis peningkatan penguasaan konsep IPA terpadu berbasis etnosains setelah siswa mendapat pembelajran inkuiri terbimbing. Konsep IPA terpadu berbasis etnosains adalah konsep pengajaran IPA dengan memadukan cabang ilmu pengetahuan alam dengan budaya lokal, 2) menganalisis perkembangan life skills siswa pada proses pembelajaran inkuiri terbimbing, 3) Menganalisis hubungan antara penguasaan konsep IPA terpadu berbasis etnosains dan life skills siswa. Jenis penelitian ini adalah quantitative research, dengan desain one group pre test-post test. Sampel penelitian sebanyak 66 siswa kelas IV yang berasal dari 2 sekolah dasar yaitu SDN Slawi Kulon 03 dan SDN Blubuk 06. Teknik pengumpulan data penguasaan konsep IPA terpadu berbasis etnosains menggunakan tes pilihan ganda dan data life skills siswa menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, Normalized Gain (N-Gain) dan Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terjadi peningkatan penguasaan konsep IPA terpadu berbasis etnosains dengan persentase 43,0% dan nilai N-gain sebesar 0.55 yang termasuk kategori sedang, 2) Peningkatan perkembangan life skills siswa dengan nilai rata-rata sebesar 58 termasuk kategori cukup membudaya dengan indikator disiplin sebesar 67, santun 55, mandiri 48, tanggung jawab 56 dan percaya diri sebesar 62, 3). Adanya hubungan atau korelasi yag positif antara penguasaan konsep IPA terpadu berbasis etnosains dan life skills siswa yang signifikan denga nilai koefisien korelasi 0,750.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Etnosains, Inkuiri terbimbing, Life skills, Penguasaan konsep IPA terpadu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:51
Last Modified: 04 Nov 2020 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40924

Actions (login required)

View Item View Item