IMPLEMENTASI EKSPERIMEN FISIKA KREATIF TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMA 2 BANDA ACEH


M. IQBAL SUGITA, 0403518015 (2020) IMPLEMENTASI EKSPERIMEN FISIKA KREATIF TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMA 2 BANDA ACEH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI EKSPERIMEN FISIKA KREATIF TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMA 2 BANDA ACEH]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI EKSPERIMEN FISIKA KREATIF TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMA 2 BANDA ACEH) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sugita, M. Iqbal. 2020. “Implementasi Eksperimen Fisika Kreatif Terhadap Kreativitas Peserta Didik Di Sma 2 Banda Aceh”. Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Hartono, M.Pd., Pembimbing II Prof. Dr. Sutikno, S.T., M.T. Kata kunci: Kreativitas, peserta didik, kelompok, task based learning. Kreativitas merupakan hasil dari suatu pemikiran kreatif, oleh sebab itu seharusnya sistem pendidikan yang diterapkan pada lingkungan sekolah mampu membangun, membangkitkan dan merangsang pemikiran logis dan kreatif terhadap penalaran peserta didik. Salah satu cara yaitu dengan memfokuskan, mengintensifkan dan mengarahkan pada pengembangan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah ataupun menciptakan suatu karya, proyek maupun produk dalam kegiatan pembelajaran di kelas berupa implementasi eksperimen fisika kreatif melalui pemberian tugas (Task Based Learning). Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berbasis tugas terhadap kreativitas peserta didik dan mengetahui implementasi eksperimen fisika kreatif terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Mix Method yang berupa desain Sequential Explanatory yang menekankan pada data kuantitatif menjadi data utama dan kualitatif sebagai data pendukung. Adapun hasil dari penelitian kreativitas peserta didik dilihat dari ketercapaian indikator kreativitas dan kreativitas peserta didik berdasarkan kelompok kerja mempunyai kreativitas yang cukup baik dan untuk hasil implementasi pembelajaran berbasis tugas berupa laporan didapatkan bahwa kreativitas peserta didik sangat baik. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa kreativitas peserta didik apabila ditinjau dari hasil implementasi model pembelajaran berbasis tugas (task based learning) berupa eksperimen fisika kreatif dikatakan berkategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kreativitas, peserta didik, kelompok, task based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:45
Last Modified: 04 Nov 2020 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40923

Actions (login required)

View Item View Item