COST BENEFIT ANALYSIS (CBA) PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TOL SEMARANG – SOLO


Lempira Christy Elisha, 0712518001 (2020) COST BENEFIT ANALYSIS (CBA) PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TOL SEMARANG – SOLO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of COST BENEFIT ANALYSIS (CBA) PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TOL SEMARANG – SOLO]
Preview
PDF (COST BENEFIT ANALYSIS (CBA) PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TOL SEMARANG – SOLO) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Elisha, Lempira Christy. 2020.“Cost Benefit Analysis (CBA) Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Semarang – Solo”. Tesis. Program Studi Ilmu Ekonomi . Pascasarjana. Unviversitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Etty Soesilowati, M.Si., Pembimbing II: Andryan Setyadharma, S.E., M.Si., Ph.D. Kata kunci: Analisis Biaya Manfaat, Infrastruktur, Jalan Tol, Investasi, Return On Investment, Public Private Partnership, Payback Period. Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Tengah pada triwulan IV tahun 2018 – triwulan I tahun 2019 mengalami perlambatan. Selama masa periode tersebut pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa juga menunjukkan perlambatan yaitu pada triwulan I tahun 2019 sebesar 5,66% (yoy). Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Tengah pada triwulan I 2019 tercatat sebesar 5,14% (yoy). Penggunaan konsep Public Private Partnership (PPP) bisa dilihat sebagai salah satu peluang untuk meningkatkan kualitas belanja baik di Pemerintah Pusat maupun di Pemerintah Daerah. Penelitian ini bertujuan menganalisis model Public private partnership dan biaya dan manfaat penyediaan infrastruktur jalan tol Semarang – Solo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Metode kualitatif yang digunakan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis model Public private partnership dengan fokus penelitian yaitu penyediaan dan pengelolaan jalan Tol Semarang-Solo. Jenis data yang dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Menganalisis biaya dan manfaat penyediaan infrastruktur jalan Tol Semarang-Solo menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data Return of investment dan payback period. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bentuk kerjasama Jalan Tol Semarang-Solo adalah Build Operate Transfer (BOT), pelaku Public Private Partnership Jalan Tol Semarang-Solo adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Astra Infra dan PT SPJT (PT. Sarana Pembangunan Jawa Tengah). Jangka waktu pengelolaan jalan tol Semarang-Solo yaitu selama 45 tahun. Nilai Return On Investment (ROI) pada tahun 2018 mencapai 6,61%, semakin tinggi hasil dari ROI jalan Tol Semarang-Solo maka semakin baik kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta, hal ini juga mempengaruhi masa pengembalian modal investasi yaitu 7 Tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis Biaya Manfaat, Infrastruktur, Jalan Tol, Investasi, Return On Investment, Public Private Partnership, Payback Period.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:41
Last Modified: 04 Nov 2020 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40921

Actions (login required)

View Item View Item