IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA SEMARANG


IRMA SOFIASYARI, 0103518093 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER   DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK  DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA SEMARANG) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sofiasyari, Irma. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Semarang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Hamdan Tri Atmaja, M.Pd., Pembimbing II Dr. Purwadi Suhandini, S.U. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar. Pendidikan karakter dapat diimplementasikan dalam pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik dalam satu minggu hanya 24 jam pembelajaran, sedangkan nilai karakter terdiri dari 18 nilai dan setiap sekolah memiliki visi misi, ciri khas dan tujuan yang berbeda, maka perlu dikaji lebih dalam bentuk implementasi di sekolah berbasis agama Islam, agama Kristen dan berbasis Negeri. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar, mendeskripsikan kendala dan solusi yang diberikan guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar dan menganalisis karakter siswa kelas IV dalam kehidupan sehari-hari di Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitiannya adalah SD Islam Al Madina, SDN Petompon 01 dan SD Marsudirini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Islam Al Madina, SDN Petompon 01 dan SD Marsudirini semuanya dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan nilai karakter dalam tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Setiap tahapan ketiga sekolah memiliki kegiatan yang berbeda dan menanamkan nilai karakter yang berbeda juga, disesuaikan dengan ciri khas, visi misi dan tujuan setiap sekolah. (2) Kendala yang dialami oleh ketiga SD berhubungan dengan sarana dan pra sarana, kondisi siswa, pengalaman guru dalam mengajar di kelas dan kurang baiknya komunikasi pihak sekolah dengan orang tua siswa. Solusinya yaitu memanfaatkan sarana dan pra sarana dengan baik, lebih memperhatikan siswa yang memerlukan bimbingan, memanfaatkan waktu sebaik mungkin, dan mengadakan pertemuan dengan orang tua secara rutin. (3) Nilai karakter yang tampak pada siswa di SD Islam Al Madina, SDN Petompon 01 dan SD Marsudirini sesuai dengan penekanan nilai karakter yang dilakukan di setiap sekolah, yaitu didasarkan pada visi misi, ciri khas, tujuan setiap sekolah dan disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Saran dari penelitian ini adalah adanya kerja sama dari kepala sekolah, guru, siswa, pemerintah dan orang tua untuk lebih mendukung dan mengembangkan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar, sehingga dapat memaksimalkan proses implementasi pendidikan karakter dan karakter siswa semakin membaik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:33
Last Modified: 04 Nov 2020 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40919

Actions (login required)

View Item View Item