ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GOAL ORIENTATION PADA PEMBELAJARAN MODEL OSBORN DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING (REACT)


Ane Armitha P, 0103516043 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GOAL ORIENTATION PADA PEMBELAJARAN MODEL OSBORN DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING (REACT). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA  DITINJAU DARI GOAL ORIENTATION PADA PEMBELAJARAN MODEL OSBORN DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING (REACT)]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GOAL ORIENTATION PADA PEMBELAJARAN MODEL OSBORN DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING (REACT))
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sari, A.A. 2017. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Goal Orientation pada Pembelajaran Model Osborn dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transfering (REACT)”. Tesis. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar, S2 (Pendidikan Matematika) Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Prof. Dr. Budi Waluya, M.Si. Pembimbing II : Dr. Mahardika Prasetya Aji, M.Si. Kata Kunci : Goal Orientation, Kemampuan Literasi Matematika, Model Osborn, dan REACT Kemampuan literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan menerapkan pengetahuan dasar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Goal orientation dapat menyebabkan perbedaan pada kemampuan literasi matematika setiap siswa, hal ini dikarenakan goal orientation memicu timbulnya motivasi dan memperjelas tujuan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kualitas pembelajaran Model Osborn dengan Strategi REACT terhadap kemampuan literasi matematika siswa, (2) menganalisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari goal orientation siswa pada Model Osborn dengan Strategi REACT. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix method) tipe model campuran tidak berimbang (concurrent embedded) dimana metode kuantitatif sebagai metode primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 14 Semarang. Sampel penelitian adalah VII-I (kelas eksperimen) dan VII-E (kelas kontrol). Pada kelas eksperimen dilakukan pengkategorian ditinjau dari goal orientation (mastery goal dan performance goal) diambil 6 siswa untuk dijadikan subjek kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tahap perencanaan pembelajaran dinyatakan berkualitas dengan perangkat dan instrument pembelajaran valid, tahap pelaksanaan pembelajaran dinyatakan berkualitas dengan perolehan aktivitas guru dan angket siswa dengan kategori baik, tahap penilaian menggunakan Uji rata-rata (kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen mencapai 75), uji proporsi ketuntasan (persentase ketuntasan siswa pada kelas eksperimen yang mendapat nilai 75 melampaui 75%), uji beda rata-rata (rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol), uji beda proporsi (proporsi ketuntasan kemampuan literasi matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol). (2) Siswa dengan mastery goal dapat menguasai komponen proses literasi matematika dengan sangat baik dibandingkan dengan peserta didik dengan performance goal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Goal Orientation, Kemampuan Literasi Matematika, Model Osborn, dan REACT
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:46
Last Modified: 04 Nov 2020 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40917

Actions (login required)

View Item View Item