PENGARUH KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MEMBACA CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK


Nur Alifa, 2101416075 (2020) PENGARUH KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MEMBACA CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MEMBACA CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK]
Preview
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MEMBACA CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sastra di sekolah bukanlah mata pelajaran yang berdiri sendiri, melainkan bagian dari mata pelajaran bahasa Indonesia. Penggabungan pembelajaran sastra ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia dikarenakan bahasa merupakan sarana yang penting sebagai manifestasi teks-teks kesastraan. Memahami teks-teks kesastraan merupakan salah satu cara dalam usaha mengapresiasi karya sastra. Pembelajaran sastra berkaitan dengan keempat keterampilan berbahasa, bahasa reseptif (menyimak, membaca) dan bahasa produktif (berbicara, menulis). Pembelajaran sastra tidak ada yang secara khusus menunjuk atau terlepas dari keterampilan berbahasa karena pembelajaran sastra dibelajarkan lewat keempat keterampilan berbahasa tersebut. Dengan demikian, ada korelasi antara keterampilan berbahasa dengan keterampilan bersastra. Keterampilan berbahasa diperoleh melalui suatu hubungan yang berurutan dan teratur. Berawal dari kegiatan menyimak kemudian berbicara, sesudah itu membaca dan menulis (Tarigan 2013, h.1). Menulis dianggap sebagai komponen yang sangat penting dan paling sulit karena dengan menulis seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan untuk mencapai tujuan tertentu. Keterampilan menulis menuntun siswa agar lebih kreatif dalam menata pola pikirnya. Keterampilan menulis juga menuntut siswa mempunyai pengetahuan yang luas. Keterampilan menulis diberikan secara intensif setelah siswa memiliki kemampuan yang memadai dalam keterampilan menyimak, membaca dan berbicara. Keterampilan itu dijadikan dasar untuk pembinaan dan pengembangan keterampilan menulis. Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai siswa adalah menulis teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cerpen, menulis
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:19
Last Modified: 03 Nov 2020 08:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40908

Actions (login required)

View Item View Item