ANALISIS LITERASI SAINS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ASESMEN KINERJA


Aliyana, 0103517140 (2019) ANALISIS LITERASI SAINS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ASESMEN KINERJA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS LITERASI SAINS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ASESMEN KINERJA]
Preview
PDF (ANALISIS LITERASI SAINS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ASESMEN KINERJA)
Download (949kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Aliyana. 2019, “Analisis Literasi Sains dan Adversity Qoutient pada Penerapadan Model Problem Based Learning Berbantuan Asesmen Kinerja”. Tesis. Program studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I Dr. Sigit Saptono, M.Pd., Pembimbing II. Dr. Budiyono. M.Si. Kata Kunci: Literasi Sains; Adversity Quotient, PBL, Asesmen Kinerja Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan Problem Based Leraning (PBL) berbantuan Asesmen Kinerja terhadap kemampuan literasi sains siswa, (2) mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa ditinjau adversity quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan quasi eksprimen dengan desain pretest-posttest control grup design. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Purwawinangun dan sampel penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa IV A (kelompok eksperimen) dan kelas IV B (kelompok kontrol) SDN 1 Purwawinangun Cirebon. Variable dalam penelitian ini yaitu PBL berbantuan asesmen kinerja sebagai variabel bebas kemudian literasi sains dan AQ sebagai variabel terikat. Pengambilan data dengan menggunakan tes dan angket. Berdasarkan analisis data tahap awal dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata diperoleh data yang menunjukkan bahwa kelas yang diambil sebagai sampel dalam penelitian berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Hal ini berarti sampel berasal dari kondisi atau keadaan yang sama yaitu memiliki pengetahuan yang sama. Uji N-gain menunjukan kelas eksperimen pretest yaitu 0.57 kategori sedang dan pada kelas eksperimen posttest yaitu 0,84 kategori sedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) PBL berbantuan asesmen kinerja efektif terhadap kemampuan literasi sains siswa ditunjukan dengan (a) siswa dengan pembelajaran PBL berbantuan asesmen kinerja mencapai tuntas (b) literasi sains pada PBL berbantuan asesmen kinerja lebih baik dari siswa pada PBL. (2) Pola kemampuan literasi sains ditinjau dari AQ a) siswa tipe climber mampu menguasai aspek applying dan merancang strategi masalah. b) siswa tipe camper menguasai aspek reasoning dan mampu menganalisis masalah yang diberikan. c) siswa tipe quitter hanya mampu menguasai aspek knowing.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi Sains; Adversity Quotient, PBL, Asesmen Kinerja
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 07:51
Last Modified: 03 Nov 2020 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40906

Actions (login required)

View Item View Item