ANALISIS JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Alfian Setya Pranoto, 0103516076 (2018) ANALISIS JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR)
Download (947kB) | Preview |
Abstract
Pranoto, A. L. 2018. ―Analisis Jejaring Sosial Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar‖. Tesis. Magister Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. rer nat Wahyu Herdyanto, M.Si. Pembimbing II Dr. Masturi, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Facebook, Prestasi Belajar, Sekolah Dasar Perkembangan teknologi informasi internet saat ini sudah maju karena berbagai macam kecanggihan wahana komunikasi yang ada dalam internet (O’keeffe & Clarke, 2011). Penggunaan media tersebut di dalam dunia pendidikan bisa saja sangat mempengaruhi anak (Dewi & Maksum, 2013). . Penelitian ini fokus pada Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Candisari Kota Semarang. Tujuan penelian ini untuk menganalisis: (1) konten-konten apa saja yang diakses oleh (2) system pengawasan orang tua terhadap ak jejaring sosial facebook terhadap prestasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diketahui bahwa jejaring sosial facebook banyak memberikan pengaruh terhadap perilaku individu. Anak merasa tertarik untuk mendaftarkan diri pada facebook dan mencoba berbagi fitur yang disediakan di situs jejaring sosial tersebut. Facebook menyediakan berbagai macam fitur yang dapat digunakan oleh penggunanya demi mencapai kebutuhan untuk menjalin hubungan sosial dengan pengguna lain (2) Tuntutan perkerjaan yang kebanyakan sanbay di tempat kerja. Banyak siswa berpeluang bermain mobile phone, kurannya control atau lebih longgar terhadap pengawasan anaknya, misalnya terjadi pada orang tua berprofesi sebagai pengusaha. System empat fungsi pada orang tua berprofeai sebagai Guru, Petani, Polisi, dan Tentara lebih banyak waktu kerja yang terjadwal sehingga dapat menghabiskan waktu bersama. Sebagai system controlnya yang lebih atau terkontrol (3) Siswa yang tidak mampu melakukan pembagian waktu yang baik bisa menimbulkan kelalaian didalam melaksanakan tugas kewajiban seorang siswa yaitu belajar, karena terlalu asik facebook. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Media sosial facebook digunakan oleh siswa untuk berinteraksi yang terjadi waktu siswa banyak terbuang karena tanpa mereka sadari facebook cenderung membuat kecanduan serta lupa waktu meski mayoritas dari mereka menggunakan facebook di waktu senggang dan menimbulkan kelalaian didalam melaksanakan tugas kewajiban seorang siswa yaitu belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Facebook, Prestasi Belajar, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > Information and Computer > Website |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 07:45 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 07:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40903 |
Actions (login required)
View Item |