ANALISIS PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR BERBASIS ISLAM DI KOTA PURWOKERTO


Alfi Muklis Kurniawan, 0103517057 (2019) ANALISIS PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR BERBASIS ISLAM DI KOTA PURWOKERTO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH  DI SEKOLAH DASAR  BERBASIS ISLAM  DI KOTA PURWOKERTO]
Preview
PDF (ANALISIS PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR BERBASIS ISLAM DI KOTA PURWOKERTO)
Download (893kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kurniawan, A.M. 2019. “Analisis Penanaman Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Di Sekolah Dasar Berbasis Islam Di Kota Purwokerto. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Samsudi, M.Pd., Pembimbing II Dr. Siti Alimah, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Penanaman Karakter Religius, Sekolah Dasar, Kelas Rendah Penanaman karakter religius merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam pembentukan individu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penanaman karakter religius dilakukan sejak dini akan lebih bermakna bagi siswa sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian difokuskan pada pelaksanaan penanaman karakter religius ditinjau dari kegiatan pengembangan diri, intergrasi nilai karakter religius kedalam mata pelajaran maupun pengintegrasian nilai religius didalam budaya yang biasa dilakukan oleh sekolah dasar di kelas rendah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Teknik keabsahan data yang dipakai menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius dilaksanakan melalui pengintegrasian nilai religi atau keagamaan kedalam pelaksanaan kegiatan pengembangan diri siswa. Pengintegrasian karakter religius dalam pembelajaran dilaksanakan dengan cara memasukkan nilai-nilai keagamaan atau keislaman kedalam materi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Pengintegrasian karakter religius di luar proses pembelajaran dilakukan oleh guru dengan pembiasaan budaya sopan santun, salam dan budaya islami di lingkup sekolah, selain itu sekolah juga menjalin hubungan silaturahmi yang baik dengan lingkungan di sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penanaman karakter religius dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan kedalam pelaksanaan program pengembangan diri siswa, dalam pelaksanaan pembelajaran dan budaya sekolah. Beberapa proses penanaman karakter religius tersebut bertujuan membentuk siswa menjadi generasi yang cerdas dan islami sebagai bekal siswa dimasa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penanaman Karakter Religius, Sekolah Dasar, Kelas Rendah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 07:41
Last Modified: 03 Nov 2020 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40902

Actions (login required)

View Item View Item