ANALISIS KESESUAIAN ISI MATERI PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA PADA BUKU AJAR BIPA LEVEL A1 YANG DIGUNAKAN SISWA SATUAN PENDIDIKAN KERJA SAMA (SPK)
Muhammad Dzakiy Farinduani, 2101416071 (2020) ANALISIS KESESUAIAN ISI MATERI PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA PADA BUKU AJAR BIPA LEVEL A1 YANG DIGUNAKAN SISWA SATUAN PENDIDIKAN KERJA SAMA (SPK). Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KESESUAIAN ISI MATERI PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA PADA BUKU AJAR BIPA LEVEL A1 YANG DIGUNAKAN SISWA SATUAN PENDIDIKAN KERJA SAMA (SPK))
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas analisis kesesuaian isi materi pemahaman lintas budaya pada buku ajar BIPA level A1 di Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kesesuaian isi materi pemahaman lintas budaya pada buku ajar BIPA level A1 yang digunakan Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi Lulusan BIPA dan tema-tema dalam pembelajaran BIPA level A1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian isi materi pemahaman lintas budaya pada buku ajar BIPA level A1. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 2 SPK yang menggunakan buku ajar Sahabatku Indonesia level A1 untuk anak sekolah yaitu SMP Gandhi Memorial Intercontinental School Semarang dan SMP Semesta Bilingual Boarding School, Sedangkan buku ajar Platinum Bahasa dan Sastra Indonesia digunakan oleh SMP Singapore Piaget Academy. Pada buku ajar Sahabatku Indonesia level A1 untuk anak sekolah terdapat 19 materi pemahaman lintas budaya pada buku ajar Sahabatku Indonesia level A1 untuk anak sekolah dan 12 materi pemahaman lintas budaya pada buku ajar Platinum Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada buku ajar Sahabatku Indonesia level A1 untuk anak sekolah pada aspek kesenian terdapat 2 materi tataran seni rupa dengan persentase 67%, 1 materi tataran seni tarik suara dan alat musik dengan persentase 33%, dan 0 materi tataran seni tari dengan persentase 0%. Pada aspek sistem kemasyarakatan terdapat 3 materi tataran kekerabatan dengan persentase 43%, 4 materi tataran peralatan dengan persentase 57%, dan 0 materi tataran organisasi sosial dengan persentase 0%. Pada aspek peralatan dan perlengkapan hidup manusia terdapat 2 materi tataran transportasi dengan persentase 22%, 1 materi tataran peralatan dengan persentase 11 %, dan 6 materi tataran kebutuhan hidup sehari-hari dengan persentase 67%. Sedangkan pada buku ajar Platinum Bahasa dan Sastra Indonesia pada aspek kesenian terdapat 2 materi tataran seni rupa dengan persentase 25%, 2 materi tataran seni tarik suara dan alat musik dengan persentase 25%, dan 4 materi tataran seni tari dengan persentase 50%. Pada aspek sistem kemasyarakatan tidak terdapat materi pemahaman lintas budaya. Pada aspek peralatan dan perlengkapan hidup manusia terdapat 0 materi tataran transportasi dengan persentase 0%, 1 materi tataran peralatan dengan persentase 25%, dan 3 materi tataran kebutuhan hidup sehari-hari dengan persentase 75%. Terdapat kendala dalam penggunaan buku ajar BIPA level A1 pada proses pembelajaran yaitu penggunaan buku ajar belum tepat sasaran, penggunaan buku ajar belum sesuai kebutuhan, dan tidak memiliki dokumen audio dari buku ajar yang digunakan. Dari kendala tersebut, tercipta solusi yang diberikan yaitu penggunaan buku ajar tepat sasaran, penggunaan buku ajar sesuai kebutuhan dan tambahan materi dari pengajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesesuaian isi, buku ajar BIPA level A1, materi pemahaman lintas budaya |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 08:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 08:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40901 |
Actions (login required)
View Item |