Manajemen Inovasi Pembelajaran Untuk Pencapaian Mutu Lulusan di SMK Negeri 1 Kuningan


Yulianti, 0102514025 (2018) Manajemen Inovasi Pembelajaran Untuk Pencapaian Mutu Lulusan di SMK Negeri 1 Kuningan. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Manajemen Inovasi Pembelajaran Untuk Pencapaian Mutu Lulusan di SMK Negeri 1 Kuningan]
Preview
PDF (Manajemen Inovasi Pembelajaran Untuk Pencapaian Mutu Lulusan di SMK Negeri 1 Kuningan) - Submitted Version
Download (921kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yulianti. 2018. “Manajemen Inovasi Pembelajaran Untuk Pencapaian Mutu Lulusan di SMK Negeri 1 Kuningan”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Haryono, M.Psi., Pembimbing II Dr. Yuli Utanto, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Manajemen, Inovasi pembelajaran, Mutu Lulusan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bagian dari sekolah formal yang diselenggarakan untuk menyiapkan tenaga kerja yang akan bersaing dan dapat memenuhi tuntutan pasar kerja. Demi tercapainya tujuan tersebut maka perlu adanya inovasi dalam pembelajaran agar dapat menciptakan output yang bermutu. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kuningan. Tujuan dari penelitian ini adalah unutuk mengidentifikasi dan menganalisa manajemen inovasi pembelajaran dalam upaya pencapaian mutu lulusan di SMK Negeri 1 Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain riset fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi dokumen. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Hasil penelitian di SMK Negeri 1 Kuningan adalah sebagai berikut: 1) Bentuk inovasi pembelajaran yaitu learning factory, Menggunakan tutor teman sebaya, cooperative learning, story telling, Discovery dan inquiry learning, problem based learning. 2) Perencanaan inovasi pembelajaran dilakukakan pada awal tahun pelajaran dengan melakukan berbagai training diantaranya, MGMP, In house Training, menyiapkan perangkat pembelajaran, rencana pembelajaran, program tahunan, program semester. 3) Pelaksanaan inovasi pembelajaran adalah merupakan implementasi dari RPP dengan merujuk pada kurikulum 2013 meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. 4) Evaluasi /Penilaian pembelajaran dilakukan terhadap tiga aspek yaitu: aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. 5) Kendala dan solusi dalam menginovasi pembelajaran diantaranya beberapa guru yang belum begitu memahami pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kurukulum 2013, solusi yang dilakukakan oleh pihak sekolah yaitu dengan mengikut sertakan guru dalam berbagai training. Saran yang direkomendasikan untuk SMK Negeri 1 Kuningan adalah perlu diadakan lagi pelatihan bagi guru-guru agar dapat melaksanakan kurikulum 2013 dengan baik sehingga dapat menciptakan inovasi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter siswa dan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Inovasi pembelajaran, Mutu Lulusan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:13
Last Modified: 03 Nov 2020 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40898

Actions (login required)

View Item View Item