PENGEMBANGAN MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK


WITI MUNTARI, 0102513005 (2018) PENGEMBANGAN MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Muntari, Witi, 2018. “Pengembangan Manajemen Model Pembelajaran PAI Berbasis Pendekatan Saintifik”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Achmad Slamet, M.Si, Pembimbing II Dr. Subagyo, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Model Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAI . Penelitian ini berawal dari kegelisahan terhadap proses pembelajaran di sekolah yang menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Pembelajaran harus mulai dikembangkan sesuai kurikulum 2013 jelas bahwa proses pembelajaran harus lebih aktif dengan pendekatan saintifik dan berpusat pada peserta didik. Hal inilah yang kemudian membuat penulis melakukan penelitian di SMK PGRI 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ; (1) manajemen model faktual pembelajaran PAI di SMK PGRI 01 Semarang, (2) Manajemen model hipotetik manajemen model pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMK PGRI 01 Semarang, (3) Menemukan manajemen model pembelajaran PAI yang layak dengan pendekatan saintifik di SMK PGRI 01 Semarang. Pembelajaran PAI yang masih berpusat pada guru tersebut penting untuk dikembangkan sehingga penting untuk dilakukan penelitian. Penelitian ini didesain dalam bentuk Research and development (R&D), dengan mengambil lokasi di SMK PGRI 01 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis dengan pendekatan fenomenologis yang berangkat dari fakta-fakta khusus atau fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil penelitian di SMK PGRI 01 Semarang pembelajaran PAI model faktual berpusat pada guru, (2) Pembelajaran PAI dikembangkan dengan menggunakan pendekatan saintifik, (3) Model pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran yang dapat direkomendasikan penulis : (1) Guru PAI dapat melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, (2) Sekolah dapat mengembangkan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan Model Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAI .
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Islamic Value
L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:08
Last Modified: 03 Nov 2020 06:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40897

Actions (login required)

View Item View Item