SUPERVISI AKADEMIK MEMODERASI PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA GURU


Dony Irawan, 0102513019 (2018) SUPERVISI AKADEMIK MEMODERASI PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA GURU. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SUPERVISI AKADEMIK MEMODERASI PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA GURU]
Preview
PDF (SUPERVISI AKADEMIK MEMODERASI PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA GURU) - Submitted Version
Download (978kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Irawan, Dony, 2018, Hasil Pengaruh Kompetensi Guru dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Supervisi Akademik. Tesis, Progrma Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Agus Wahyudin, M.Si, Pembimbing II: Drs. Heri Yanto, MBA, P.hD Kata Kunci: Kompetensi Guru, Komitmen Organisasional, Supervisi Akademik dan Kinerja Guru. Kompetensi guru juga harus memiliki komitmen organisasional yang tinggi terhadap organisasi. Komitmen organisasional menunjukkan tingkat sampai di mana seorang guru mendukung sebuah organisasi serta tujuan dalam organisasi Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan kepala sekolah untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran Tujuan dari penelitian ini untuk : (1) menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru SMA. (2) menganalisis pengaruh komitmen organisasional guru terhadap kinerja guru SMA (3) menganalisis peran supervisi akademik kepala sekolah memoderasi pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru SMA. (4) menganalisis peran supervisi kepala sekolah memoderasi pengaruh komitmen organisasional guru terhadap kinerja guru SMA. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanasi research. Populasi penelitian ini 101 guru dan sampel 86 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji asumsi klasik. Uji kelayakan model, Uji moderasi regresi analisis. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Kompetensi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (2) Komitmen Organisasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, (3) Supervisi Akademik terbukti memoderasi hubungan antara Kompetensi dengan Kinerja Guru, (4) Supervisi Akademik tidak terbukti memoderasi hubungan antara komitmen organisasional dengan kinerja guru. Penulis menyarankan agar untuk meningkatkan kualitas supervisi, seperti meningkatkan kunjungan kelas, supervisi klinis, observasi perbaikan, kesesuaian antara perangkat pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran.Dengan meningkatkan kunjungan kelas diharapkan menumbuhkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Guru, Komitmen Organisasional, Supervisi Akademik dan Kinerja Guru.
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:03
Last Modified: 03 Nov 2020 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40896

Actions (login required)

View Item View Item