Implementasi Program Pendidikan Vokasional di Pondok Pesantren Al Qur’an Gumawang Wiradesa Pekalongan


Siti Mahmudah, 0102516002 (2019) Implementasi Program Pendidikan Vokasional di Pondok Pesantren Al Qur’an Gumawang Wiradesa Pekalongan. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Program Pendidikan Vokasional di Pondok Pesantren Al Qur’an Gumawang Wiradesa Pekalongan]
Preview
PDF (Implementasi Program Pendidikan Vokasional di Pondok Pesantren Al Qur’an Gumawang Wiradesa Pekalongan) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mahmudah, Siti. 2018. “Implementasi Program Pendidikan Vokasional di Pondok Pesantren Al Qur’an Gumawang Wiradesa Pekalongan”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd, Pembimbing II Dr. Achmad Rifai Rc, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Vokasional, Pondok Pesantren Al Qur’an Gumawang. Tidak semua lulusan Pondok Pesantren Al Qur’an Gumawang dapat lapangan pekerjaan, sehingga PPAQ Gumawang sebagai pondok pesantren model melengkapi kurikulum pembelajaran dengan program pendidikan vokasional. Hal ini dirasa cukup unik bagi peneliti bila mengingat pondok pesantren yang bukan pendidikan formal dan sekolah berbasis vokasi menerapkan program tersebut dan ditunjuk sebagi pondok pesantren model bagi pondok pesantren se karesidenan Pekalongan dalam pengelolaan program pendidikannya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsi dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan program vokasional di PPAQ Gumawang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif kasus. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah implementasi program pendidikan vokasional dari aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan program vokasional diawali dengan identifikasi kebutuhan program yaitu kondisi latar belakang ekonomi siswa mayoritas dari kalangan menengah ke bawah, sehingga tidak dapat langsung mendapatkan lapangan pekerjaan karena tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Tujuan program vokasional adalah untuk menyiapkan tenaga kerja dengan kemampuan menengah, persiapan program dilakukan dengan membentuk tim pelaksana harian serta membuat rencana pembiayaan; (2) pengorganisasian dilakukan dengan membagi tugas kepada pelaksana dan penyusunan jadwal program; (3) pengarahan dan motivasi dilakukan untuk menggerakkan seluruh guru dan siswa yang terlibat dalam program; (4) pengawasan dilakukan dengan mengadakan supervisi kunjungan kelas dan diikuti tindak lanjut. Simpulan penelitian ini adalah implementasi program pendidikan vokasional di PPAQ Gumawang dilakukan melalui tahapan-tahapan langkah dan prosedur kerja yang sesuai dengan prinsip dan fungsi dalam manajemen. Saran bagi pengasuh PPAQ Gumawang yaitu untuk terus berupaya meningkatkan kualitas program, bagi peneliti selanjutnya untuk menelusuri lulusan apakah program ini relevan dengan kebutuhan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Vokasional, Pondok Pesantren Al Qur’an Gumawang.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Islamic Boarding School
L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:57
Last Modified: 03 Nov 2020 05:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40895

Actions (login required)

View Item View Item