PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH, KOMPETENSI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA KEPALA SD DI DINAS DIKBUD KEC. ADIWERNA KAB. TEGAL


Rina Agustina Emgiek, 0102512001 (2018) PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH, KOMPETENSI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA KEPALA SD DI DINAS DIKBUD KEC. ADIWERNA KAB. TEGAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL  PENGAWAS SEKOLAH, KOMPETENSI,  DAN  MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA  KEPALA SD DI DINAS DIKBUD KEC. ADIWERNA KAB. TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH, KOMPETENSI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA KEPALA SD DI DINAS DIKBUD KEC. ADIWERNA KAB. TEGAL) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Emgiek, Rina Agustina. 2018. “Pengaruh supervisi manajerial Pengawas Sekolah, kompetensi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja Kepala Sekolah Dasar di Dinas DIKBUD Kec. Adiwerna Kab. Tegal”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Joko Sutarto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Titi Prihatin, M.Pd. Kata Kunci: Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah, Kompetensi, Motivasi Berprestasi, dan Kinerja Kepala Sekolah Dasar. Latar belakang masalah pada penelitian, meskipun melalui supervisi manajerial Pengawas Sekolah tetapi kinerja Kepala Sekolah Dasar dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya belum optimal, perlu adanya kombinasi supervisi manajerial Pengawas Sekolah, kompetensi dan motivasi berpretasi Kepala Sekolah Dasar untuk meningkatkan kinerja sehingga hasil penilaian tidak fluktuatif dan cenderung menurun. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh supervisi manajerial Pengawas Sekolah terhadap kinerja, untuk menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja, untuk menganalisis pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja, dan untuk menganalisis pengaruh supervisi manajerial Pengawas Sekolah, kompetensi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja Kepala Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah merupakan penelitian populasi. Populasi penelitian yaitu Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Swasta sejumlah 57 (lima puluh tujuh). Jumlah sampel penelitian yaitu sejumlah populasi. Model penelitian adalah expose facto dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey (peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data dengan mengedar kuesioner, test, wawancara terstruktur dan sebagainya). Teknik analisis data penelitian adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 19, tetapi yang lebih dahulu dilakukan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel supervisi manajerial Pengawas Sekolah, kompetensi dan motivasi berprestasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja Kepala Sekolah Dasar, dan ada pengaruh yang signifikan secara simultan pada supervisi manajerial Pengawas Sekolah, kompetensi dan motivasi berprestasi Kepala Sekolah terhadap kinerja Kepala Sekolah Dasar. Saran/ rekomendasi penelitian adalah supervisi Pengawas Sekolah, kompetensi, dan motivasi berprestasi Kepala Sekolah Dasar perlu ditingkatkan karena merupakan salah satu faktor penentu peningkatan kinerja, dan hasil temuan penelitian semoga dapat memberikan manfaat bagi Dinas DIKBUD di Kab. Tegal serta peneliti lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah, Kompetensi, Motivasi Berprestasi, dan Kinerja Kepala Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:51
Last Modified: 03 Nov 2020 05:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40894

Actions (login required)

View Item View Item