BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DAN CAREER DECISION SISWA


Rahayu Lestari, 0105516057 (2019) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DAN CAREER DECISION SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DAN CAREER DECISION SISWA]
Preview
PDF (BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DAN CAREER DECISION SISWA) - Submitted Version
Download (783kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Lestari, Rahayu. 2019. Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking dan Career Decision Siswa. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Pembimbing II Dr. Awalya, M.Pd., Kons. Kata kunci : bimbingan kelompok, teknik mind mapping, critical thinking, career decision. Penelitian ini membahas tentang bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan critical thinking dan career decision siswa. Tujuan penelitian ini: Menganalisis bimbingan kelompok teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan critical thinking dan career decision SMK N 02 Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan model rancangan repetead measure ekperimental dengan desain pretest and multiple posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 kelas XII SMK N 02 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 141. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII UPW 1 dan UPW 2 dengan jumlah 8 orang dari 30 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan skala critical thinking dan career decision. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis diskriptif, uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas, uji sphericity, dan statistik parametrik dengan uji one-way Anova. Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan critical thinking dan career decision setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping, diketahui bahwa untuk critical thinking nilai rata-rata untuk O1 adalah 55,25, O2 adalah 77,25 dan O3 adalah 99,75. Sedangkan untuk nilai rata-rata career decision untuk O1 adalah 65,50, O2 adalah 95,50 dan O3 adalah 122,75. Hasil uji Repeated Measures ANOVA pada test of within-subjects effects, untuk kelompok critical thinking F (2, 14) = 74.662, p=0.001 sedangkan kelompok career decision sebesar F (2, 14) = 294.681, p = 0,001. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa bimbingan kelompok teknik mind mapping efektif untuk meningkatkan critical thinking dan career decision serta bimbingan kelompok teknik mind mapping lebih efektif untuk meningkatkan career decision dibanding critical thinking. Hasil penlitian ini bisa dijadikan salah satu referensi oleh peneliti di masa mendatang, dan dapat dijadikan langkah untuk menyempurnakan berbagai keterbatasan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : bimbingan kelompok, teknik mind mapping, critical thinking, career decision.
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:53
Last Modified: 03 Nov 2020 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40892

Actions (login required)

View Item View Item