MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Nelly Ivva Ruhaina, 0102516024 (2019) MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
- Submitted Version
Download (866kB) | Preview |
Abstract
Nelly Ivva Ruhaina, (2019). Manajemen Program Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di PAUD Anak Cerdas Ungaran. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. samsudi, M.Pd, Pembimbing II Dr. Amin Yusuf, M.Si. Kata kunci: holistik integratif, manajemen, pendidikan karakter. Manusia yang holistik diindikasikan dengan pertumbuhan dan perkembangan keseluruhan aspek perkembangan. Tidak optimalnya simulasi tumbuh kembang usia dini berdampak pada ketidak siapan memasuki pendidikan lanjut dan tidak sempurnanya pemanfaatan seluruh kompetensi anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara lebih mendalam tentang perencanaan, pelaksanaan, supervisi, dan implementasi program pendidikan holistik berbasis karakter yang telah dilakukan di PAUD Anak Cerdas Ungaran;ak Cerdas Ungaran; (3) supervisi program pendidikan holistik berbasis karakter yang telah dilakukan di PAUD Anak Cerdas Ungaran. Metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Subyek penelitian meliputi: Pengelola, Koordinator, Guru, Koordinator Karakter, Orang Tua, Peserta Didik. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program berdasarkan hasil evaluasi tahun sebelumnya pelaksanaan program dilakukan melalui pembagian tugas guru sebagai koordinator antara lain karakter, SDM, humas dan kemitraan, kurikulum dan pembelajaran, juga penanggung jawab kegiatan yang ditentukan di awal tahun. Pengawasan dilakukan pada saat KBM dan berakhirnya kegiatan secara langsung maupun laporan tertulis. Evaluasi setiap berakhirnya program kegiatan oleh guru dan kepala sekolah, setiap trimester dan semester oleh guru, kepala sekolah dan pengelola kemudian pembinaan dilakukan oleh Pembina, tim ahli. Implementasi program mengacu Kurikulum 13 PAUD dipadukan dengan 9 pilar karakter selama satu tahun melalui layanan pendidikan, pengasuhan, kesehatan, perlindungan. Saran yang dapat diberikan antara lain: pada perencanaan mengkolaborasikan program sekolah melalui KPO sebagai mitra lebih efektif, pelaksanaan program agar sekolah rutin memberikan informasi pada orang tua tentang materi yang diajarkan. Pengawasan & evaluasi, agar sekolah membuat form penilaian untuk mengukur indikator keberhasilan program, tentang implementasi memperbanyak poster, display, SOP pada tempat yang strategis untuk konsisten penerapan karakter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: holistik integratif, manajemen, pendidikan karakter. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building L Education > L Education (General) > Development of Child L Education > L Education (General) > Education Management |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 04:46 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 04:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40890 |
Actions (login required)
View Item |