PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMK N 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010


Muh. Aminuddin L , 1301403035 (2010) PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMK N 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH  PADA SISWA KELAS XI SMK N 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMK N 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (670kB) | Preview

Abstract

Kegiatan layanan bimbingan konseling merupakan kegiatan dalam rangka memenuhi fungsi-fungsi bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan konseling adalah layanan yang memungkinan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi agar dapat mengambil keputusan secara tepat tentang sesuatu dalam bidang pribadi, sosial, belajar, maupun karier berdasarkan informasi yang diperoleh. Pelaksanaan bimbingan dan konseling selama ini di SMK N 5 Semarang masih mengalami hambatan, yaitu adanya kesan siswa terhadap layanan BK seperti guru mata pelajaran memberikan pembelajaran, sehingga belum secara maksimal dimanfaatkan, masih ada perasaan malu dan takut bila akan menyampaikan permasalahan yang dihadapi sehingga permasalahan tersebut menumpuk pada diri siswa, guru pembimbing belum maksimal memberikan layanan konseling kepada siswa karena pendekatan yang digunakan lebih bersifat preventif, yaitu lebih dominan melalui layanan informasi di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah pada siswa kelas XI di SMK N 5 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah pada siswa kelas XI SMK N 5 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi siswa terhadap pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah yang positif adalah sebesar 77,1%, dan persepsi siswa terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah yang menunjukkan kategori negatef sebesar 22.9%. Saran yang dapat diajukan kepada guru pembimbing di sekolah adalah hendaknya memberikan layanan informasi dengan cara yang berbeda dari mata pelajaran yang lainnya, sehingga siswa merasa tertarik dan berminat mengikuti sehingga dapat menimbulkan persepsi yang positif. Bagi penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel lain yang juga mempunyai hubungan dengan persepsi siswa, selain itu obyek penelitian dapat diperluas lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa, bimbingan dan konseling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2011 04:14
Last Modified: 25 Apr 2015 05:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item View Item