PENGARUH INSENTIF, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALISTAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK KEC. GENUK KOTA SEMARANG
SRI LESTARI, 0102516013 (2019) PENGARUH INSENTIF, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALISTAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK KEC. GENUK KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH INSENTIF, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALISTAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK KEC. GENUK KOTA SEMARANG)
- Submitted Version
Download (795kB) | Preview |
Abstract
Profesionalitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran dipengaruhi oleh faktor ekstern dan faktor intern. Faktor ekstern yaitu faktor dari luar diri guru seperti dipengaruhi insentif dan kepemimpinan kepala sekolah, sedangkan faktor intern berasal dari dalam diri guru sendiri yaitu motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh dari: (1) Insentif, kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru di SMK Kec. Genuk Kota Semarang secara parsial maupun secara simultan dan (2) Insentif, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap profesionalitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran di SMK Kec. Genuk Kota Semarang secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah 66 guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi dan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan insentif terhadap motivasi sebesar 27,04%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi sebesar 17,8%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama insentif dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi sebesar 52,7%, (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan insentif terhadap profesionalitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran hanya sebesar 1,4%, (5) Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran sebesar 62,3%, (6) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap profesionalitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran hanya sebesar 2,3%, (7) Terdapat pengaruh yang signifikan insentif, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap profesionalitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran sebesar 54,7%, (8) Tidak terdapat pengaruh insentif melalui motivasi terhadap profesionalitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran, (9) Tidak terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah melalui motivasi terhadap profesionalitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran. Kata Kunci: Insentif, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, Profesionalitas Guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Insentif, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, Profesionalitas Guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Education Management L Education > L Education (General) > Performance of Teachers |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 04:36 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 04:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40888 |
Actions (login required)
View Item |