PENGARUH SUPERVISI, KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SMP NON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN PEKALONGAN
Fiki Porniadi, 0102513021 (2018) PENGARUH SUPERVISI, KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SMP NON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH SUPERVISI, KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SMP NON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN PEKALONGAN)
- Submitted Version
Download (889kB) | Preview |
Abstract
Porniadi, Fiki, 2018, Pengaruh Supervisi Pengawas, Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMP Non Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Pekalongan. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Kardoyo, M.Pd, Pembimning II Drs. Heri Yanto M.BA, Ph.D Kata Kunci : Supervisi, Kompensasi, Motivasi Kerja, kompetensi Pedagogik. Kompetensi Pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh pendidik. Karena dengan kompetensi inilah kualitas pendidikan dan yang lebih khusus lagi pembelajaran akan lebih berkualitas sehingga diharapkan ilmu pengetahuan yang diajarkan dapat terserap maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik, kompensasi, dan motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam non Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Regresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat hubungan kausalitas dari beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI non PNS sejumlah 52 guru. Data dikumpulkan dengan angket dan studi dokumen, setelah itu data di uji validitas serta reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi, kompensasi dan motivasi berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru. Pengaruh supervisi terhdapa kompetendi pedagogik sebesar, 4,8 %, kompensasi terhadap kompetensi pedagogik 5,9 persen, pengaruh motivasi terdahap kompetensi pedagogik sebesar 4,7 persen. Sedangkan pengaruh semua variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 12,1 persen. Simpulan supervisi akademik berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik, kompensasi berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik, motivasi berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik, dan supervisi akademik, kompensasi, motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik, Saran yang diajukan : (1) kepada pengawas agar mengadakan pengawasan rutin dan berkala kepada guru, (2) kepala sekolah dan pemerintah agar dapat mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki kompensasi yang diterima oleh guru non PNS, (3) guru harus senantiasa memotivasi diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa utamanya pada saat dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Supervisi, Kompensasi, Motivasi Kerja, kompetensi Pedagogik. |
Subjects: | L Education > teacher competence L Education > L Education (General) > Education Management L Education > L Education (General) > motivation to learn |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 04:32 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 04:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40886 |
Actions (login required)
View Item |