PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL GURU


Devi Nurul Istiqomah, 0102516015 (2019) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL GURU. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BUDAYA SEKOLAH,  SUPERVISI KEPALA SEKOLAH,  DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL  TERHADAP PERILAKU SOSIAL GURU]
Preview
PDF (PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL GURU) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Devi Nurul Istiqomah. 2018. “Pengaruh Budaya Sekolah, Supervisi Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Perilaku Sosial Guru”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prof. Dr. Rasdi Ekosiswoyo, M.Sc. Pembimbing II. Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd. Kata Kunci: Budaya sekolah, Supervisi Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal, Perilaku Sosial Guru. Kurangnya pengetahuan guru sebagai teladan bagi peserta didik mengakibatkan kecenderungan guru untuk berperilaku menyimpang. Sekolah merupakan organisasi pendidikan yang memiliki kegiatan dan tata aturan yang akan mempengaruhi aktivitas warga sekolah termasuk perilaku sosial guru. Sehingga tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh budaya sekolah dan supervisi kepala sekolah terhadap komunikasi interpersonal baik secara parsial maupun simultan dan pengaruh budaya sekolah, supervisi kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap perilaku sosial guru baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan desain ekspos fakto. Populasi adalah guru SMK di kecamatan Gajah Mungkur dan sampel diambil dengan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data dilakukan dengan path analysis yang terdiri dari dua persamaan struktural, melalui model analisis jalur, uji keselarasan model, dekomposisi pengaruh antarvariabel dan uji sobel tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada substruktur (1) budaya sekolah dan supervisi kepala sekolah berpengaruh langsung pada komunikasi interpersonal secara parsial yaitu sebesar 48,5% dan 42,7%, dan secara simultan sebesar 62% dengan sisanya 38% dipengaruhi oleh faktor lain. Pada substruktur (2) budaya sekolah berpengaruh secara langsung pada perilaku sosial guru sebesar 49,4%, sedangkan supervisi kepala sekolah dan komunikasi interpersonal tidak berpengaruh terhadap perilaku sosial guru dengan persentase sebesar 9,8% dan -4,9%, namun secara simultan terdapat pengaruh sebesar 26% dengan sisanya 74% dipengaruhi oleh faktor lain. Tidak ditemukan pengaruh tidak langsung antara variabel bebas dan variabel terikat melalui komunikasi interpersonal, dengan masing-masing nilainya sebesar -2,4% dan -2,1%. Budaya sekolah dan supervisi kepala sekolah di SMK se-Kecamatan Gajah Mungkur berpengaruh pada peningkatan komunikasi interpersonal, artinya semakin baik budaya sekolah dan kegiatan supervisi maka semakin baik pula komunikasi interpersonal. Budaya sekolah, supervisi kepala sekolah dan komunikasi interpersonal di SMK se-Kecamatan Gajah Mungkur berpengaruh secara simultan terhadap peningkatan perilaku sosial guru, namun secara parsial supervisi kepala sekolah dan komunikasi interpersonal tidak berpengaruh terhadap peningkatan perilaku sosial guru, artinya semakin baik nilai budaya sekolah maka semakin baik pula perilaku sosial guru. Tidak ditemukan pengaruh tidak langsung antara variabel bebas dan variabel terikat, yang artinya komunikasi interpersonal tidak dapat dijadikan sebagai variabel intervening. Banyaknya faktor yang mempengaruhi perilaku sosial guru selain dari variabel-variabel penelitian, maka disarankan bagi pihak terkait (guru, kepala sekolah dan sekolah) untuk mengupayakan penanaman nilai karakter dalam segala aktivitas di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Budaya sekolah, Supervisi Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal, Perilaku Sosial Guru.
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:26
Last Modified: 03 Nov 2020 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40884

Actions (login required)

View Item View Item