KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PERISTIWA AKTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP


Panggih Dwi Karya Utama, 2101416065 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PERISTIWA AKTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PERISTIWA AKTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PERISTIWA AKTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran yang tidak bisa dikesampingkan manfaatnya. Dalam proses pembelajaran masa kini, guru dituntut untuk menerapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Model jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang kooperatif, dimana siswa dituntut untuk lebih aktif, bekerjasama dalam kelompok, dan melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya di depan orang lain. Salah satu media yang dapat menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif adalah media audio visual peristiwa aktual. Media audio visual peristiwa aktual dapat diperoleh dari berbagai media sosial, seperti Instagram, youtube, facebook, twitter, dan lainlain. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana keefektifan pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita tanpa model jigsaw dan media audio visual peristiwa aktual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Punggelan?, (2) bagaimana keefektifan pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita menggunakan model jigsaw berbantuan media audio visual peristiwa aktual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Punggelan?, (3) bagaimana perbandingan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita menggunakan model jigsaw berbantuan media audio visual rekaman peristiwa aktual dan pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita tanpa menggunakan model jigsaw berbantuan media audio visual rekaman peristiwa aktual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Punggelan? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian True Experimental Designs dengan model Pretest-Posttest Control Group Design yang terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP satu Indonesia dengan sampel SMP Negeri 2 Punggelan Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 111 siswa dan dipilih kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa, serta kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara simple random sampling. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel, yaitu variabel bebas (model jigsaw), variabel terikat (mengidentifikasi unsur teks berita), dan variabel moderator (media audio visual peristiwa aktual). Teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan teknik nontes menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan analisis nilai proses dan sikap serta melakukan uji diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, dan hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kontrol efektif, namun rata-rata kelas belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan, yaitu 72. Sedangkan kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes akhir kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 76,8 dengan nilai terendah 62,5 dan nilai tertinggi 90. Dapat disimpulkan bahwa model jigsaw berbantuan media audio visual peristiwa aktual efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita. Hasil uji t kelas eksperimen sig = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai tes akhir kelas kontrol mendapatkan rata-rata 67,6 dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 85. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru mata pelajaran bahasa Indonesia memberikan alternatif model pembelajaran yang inovatif, salah satunya jigsaw dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita karena sudah diuji keefektifannya. Siswa hendaknya memiliki motivasi dan giat berlati dalam kegiatan mengidentifikasi unsur teks berita dengan model pembelajaran yang peneliti terapkan. Peneliti dalam bidang pendidikan khususnya bahasa dan sastra Indonesia sebaiknya menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita, model jigsaw, media audio visual peristiwa aktual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:20
Last Modified: 03 Nov 2020 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40883

Actions (login required)

View Item View Item