Implementasi Total Quality Management Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Kasus di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati)


MOCH ARIF BURHANUDIN, 0102514008 (2018) Implementasi Total Quality Management Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Kasus di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Total Quality Management Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Kasus di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati)]
Preview
PDF (Implementasi Total Quality Management Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Kasus di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati)) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Total Quality Management (TQM), Mutu Pendidikan. Beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah siswa dan prestasi yang diperoleh dibidang akademik maupun non akademik dikategorikan baik di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati. Hal tersebut terjadi diduga karena lembaga tersebut telah melakukan perubahan manajemen yaitu dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : 1) Penerapan TQM di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati, 2) Kualitas layanan sekolah di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati. Subjek penelitian sebagai sumber yang bertanggung jawab adalah kepala madrasah. Sedangkan informan penelitian adalah guru, siswa, wali siswa, pengurus yayasan (Raudlatul Ulum) dan komite madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan berperanserta, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data penelitian diperoleh dengan triangulasi sumber dan metode. Sedangkan tehnik analisi data digunakan analisa model interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Sistem manajemen mutu di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati bila ditinjau dari unsur-unsur Total Quality Management (TQM) yang meliputi: (a) fokus kepada pelanggan, (b) peningkatan terhadap kualitas, (c) kerjasama dalam team work, maka dapat dikatakan bahwa sekolah tersebut telah menerapkan manajemen mutu. (2) Peningkatan mutu layanan sekolah dilakukan dengan menyusun rencana strategis yang diwujudkan dalam rencana pengembangan yang memuat visi, misi, dan tujuan serta program strategis sekolah maupun adanya pembagian tugas yang jelas. Peserta didik dilayani dengan baik mulai dari proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas misalnya dengan pembiasaan shalat dhuha, jamaah sholat lima waktu dan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan demikian mutu pelayanan di MA Raudlatul Ulum Guyangan Pati dalam taraf memuaskan. Saran-saran: Kepala Madrasah, guru, karyawan dan komite untuk meningkatkan sistem manajemen mutu yang telah diterapkan, hendaknya kepala madrasah mempunyai inovasi dan kreasi, selalu berkoordinasi dan komunikasi kepada pihak-pihak terkait untuk menganalisa kekuatan dan ancaman yang ada dengan analisa SWOT sehingga dalam menetapkan kebijakan akan mendapat dukungan yang positif dari segala pihak. Siswa MA Raudlatul Ulum untuk meningkatkan semangat belajar dalam mencapai prestasi yang optimal. Selalu berbakti kepada orang tua dan guru, perbanyak ibadah dan amal kebaikan, taati tata tertib sekolah semoga menjadi anak yang berhasil dan mendapat ilmu yang bermanfaat. Tetap Istiqomah di jalanNya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Total Quality Management (TQM), Mutu Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:20
Last Modified: 03 Nov 2020 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40881

Actions (login required)

View Item View Item