PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019


Aryo Hidayat, 3101413044 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Model Problem Solving adalah salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam upayanya memperbaiki kualitas pembelajaran sejarah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran problem solving dalam upayanya untuk meningkatkkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah siswa di SMA N 1 Salatiga. Untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa pada pembelajaran sejarah siswa di SMA N 1 Salatiga setelah diajar dengan model pembelajaran problem solving. Untuk mengetahui terdapat pengaruh penerapan model problem solving dalam upayanya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah siswa di SMA N 1 Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Sementara desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design Analisis data penelitian meliputi analisis awal dan analisis akhir. Tahap awal untuk mengetahui sampel yang digunakan Analisis tahap awal digunakan untuk melakukan uji homogenitas populasi Tes akhir (posttest) digunakan untuk menguji hipotesis, yaitu hipotesis diterima atau ditolak. Hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa efektifitas penerapan model pembelajaran problem solving dalam upayanya untuk meningkatkkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah siswa di SMA N 1 Salatiga masuk dalam kategori tinggi berdasarkan penilaian kriteria rata-rata hasil belajar. Pengaruh penerapan model problem solving dalam upayanya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah siswa di SMA N 1 Salatiga diketahui taraf signfikansi yang dihasilkan adalah 0,031 (<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima apabila t hitung lebih besar atau sama dengan t-tabel yang berarti ada perbedaan pada siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Salatiga diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,361 dan taraf signifikansi sebesar 0,031 (<0,05) artinya ada pengaruh antara model pembelajaran problem solvng terhadap hasil belajar. Saran diharapkan pendidik dapat mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian dibidang ini, diharapkan penelitian ini dapat menjadi gambaran, informasi dan masukan tentang pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan hasil belajar sejarah siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar Sejarah Siswa
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:19
Last Modified: 04 Nov 2020 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40880

Actions (login required)

View Item View Item