RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PELAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN AL-KHOERIYAH DESA BANJARHARJO KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES


Ardhianing Guspita , 3501406566 (2010) RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PELAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN AL-KHOERIYAH DESA BANJARHARJO KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PELAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN AL-KHOERIYAH DESA BANJARHARJO KECAMATAN BANJARHARJO  KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PELAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN AL-KHOERIYAH DESA BANJARHARJO KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (443kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berperan aktif dalam pembentukan dan pengembangan karakter anak. Di Desa Banjarharjo Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes, PAUD sudah diaplikasikan sebagai suatu jenjang pendidikan anak. Secara konsep PAUD membantu orang tua menumbuhkembangkan potensi anak sesuai dengan karakternya masing-masing. Hal ini penting sebagai modal anak sebelum menginjak ke jenjang selanjutnya. Namun demikian, pelaksanaan PAUD di Desa Banjarharjo Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes dirasa kurang optimal. Hal ini diduga disebabkan oleh sosialisasi dan tingkat kesadaran masayarakat Banjarharjo akan pentingnya pendidikan usia dini masih sangat rendah. Dari penjelasan diatas muncul beberapa masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manfaat program pelayanan PAUD bagi masyarakat Banjarharjo, (2) Bagaimana respon atau tanggapan masyarakat tentang program pelayanan PAUD di Desa Banjarharjo Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes, (3) Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat program pelayanan PAUD. Manfaat yang diambil dari penelitian ini: mengetahui manfaat dan respon masyarakat Desa Banjarharjo terhadap program pelayanan PAUD, serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam proses pelayanan PAUD. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah masyarakat Desa Banjarharjo. Informan dalam penelitian ini adalah Koordinator Pelaksana PAUD KB Al-Khoeriyah, orang tua siswa, kepala sekolah dan guru PAUD KB Al-Khoeriyah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mendapatkan pendapat dari masyarakat mengenai PAUD. Dokumentasi untuk mendapatkan data monografi dan data hasil observasi dilapangan. Validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan manfaat PAUD bagi masyarakat adalah (1) dapat mengerti pentingnya PAUD, dapat memajukan mutu pendidikan di desa Banjarharjo. (2) mendapat respon yang positif seperti ditunjukan dengan meningkatnya jumlah siswa yang bersekolah di PAUD KB Al-Khoeriyah, (3) faktor-faktor penghambatnya yaitu kondisi ekonomi masyarakat miskin, sarana prasarana Alat Peraga Edukatif luar dan dalam kurang memadai, Faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan dari Kepala Desa, Perangkat Desa dan tokoh masyarakat dalam mensosialisasikan tentang program pelayanan PAUD kepada masyarakat, kerjasama antara pengelola orang tua dan instansi terkait sangat erat untuk memajukan KB Al-Khoeriyah. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) mengerti pentingnya PAUD, memajukan pendidikan di Desa Banjarharjo, mempunyai dampak yang positif untuk perkembangan anak seperti kemampuan motorik sebagai bekal untuk jenjang lebih lanjut. (2) mendapat respon yang positif dan dukungan penuh dengan terwujudnya peningkatan jumlah siswa yang bersekolah di PAUD KB Al-Khoeriyah. (3) Faktor penghambatnya adalah kondisi ekonomi masyarakat miskin, sarana dan prasarana kurang memadai APE luar dan dalam. Faktor pendukungnya adanya dukungan dari Kepala Desa, Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat dalam mensosialisasikan program pelayanan PAUD kepada masyarakat, kerjasama antara pengelola, orang tua dan instansi terkait sangat erat. Saran dari peneliti (1) Orang tua lebih lagi memantau perkembangan motorik anak agar lebih maksimal. (2) Untuk pengelola diharapkan untuk selalu menjalin kerjasama dengan pihak orang tua peserta didik, pemerintah desa dan instansi terkait agar citra PAUD di Masyarakat tetap baik. (3) Untuk pemerintah lebih memfasilitasi dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik lebih berkualitas dan menarik perhatian bagi yang belum menyekolahkan anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Respon Masyarakat, Program, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2011 04:04
Last Modified: 25 Apr 2015 05:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item