IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PAUD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH (STUDI KASUS DI PAUD INDONESIA KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA)


Mei Sekar Anggun, 1601416049 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PAUD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH (STUDI KASUS DI PAUD INDONESIA KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PAUD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH (STUDI KASUS DI PAUD INDONESIA KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA)]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PAUD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH (STUDI KASUS DI PAUD INDONESIA KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA)) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 PAUD berbasis scientific approach di PAUD Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Sabah Malaysia. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran di PAUD SIKK Sabah Malaysia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus berdasarkan teori Ley Kekeh Marthan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data (dokumen). Observasi dilakukan untuk mengetahui fenomena terkait dengan pengelolaan pembelajaran di dalam kelas mulai dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir. Hasil observasi ditindaklanjuti dengan mewawancarai koordinator dan tenaga pendidik di PAUD Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia. Dokumen-dokumen yang dikumpulkan berfungsi sebagai data pendukung. Kemudian keabsahan data dilihat menggunakan triangulasi. Hasil analisis data bahwa implementasi kurikulum 2013 PAUD berbasis scientific approach di PAUD Indonesia Kota Kinabalu di Sabah Malaysia ini terkait dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang mengacu kepada teori Ley Kekeh Marthan dan standar PAUD. Perencanaan pembelajaran meliputi penerapan kurikulum 2013 PAUD, penyusunan rencana pembelajaran berbasis scientific approach, model pembelajaran area, metode pembelajaran berbasis praktek, media pembelajaran visual, dan setting kelas didasari aspek keamanan dan kenyamanan bermain. Pelaksanaan pembelajaran meliputi pembelajaran berbasis scientific approach yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan menginformasikan. Evaluasi meliputi hasil proses dan hasil pembelajaran, tindak lanjut yang terstruktur dalam program tahunan. Implemantasi kurikulum 2013 PAUD berbasis scientific approach ini juga dipengaruhi oleh faktor pendukung berupa bantuan, pembimbingan, dan pemberian informasi dari Konsulat Jendral Republik Indonesia, Kepala Sekolah, Koordinator PAUD dan juga BK serta komitmen dan peran guru, orang tua yang mendukung tercapainya tujuan sekolah. Faktor penghambat berupa ruangan dan tempat pelaksanaan kegitan yang belum memiliki lahan yang luas dan belum adanya pendidik dari sarjana PAUD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Scientific Approach, PAUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:08
Last Modified: 03 Nov 2020 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40867

Actions (login required)

View Item View Item