MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MEWUJUDKAN VISI MISI PAUD SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK), SABAH, MALAYSIA
Desty Citra Sari, 1601416034 (2020) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MEWUJUDKAN VISI MISI PAUD SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK), SABAH, MALAYSIA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MEWUJUDKAN VISI MISI PAUD SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK), SABAH, MALAYSIA)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi serta proses manajemen sarana dan prasarana dalam mewujudkan visi misi di PAUD SIKK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di PAUD Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Malaysia dengan melibatkan lima informan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator paud, guru kelas dan orang tua siswa. Data dianalisis melalui model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tentang kondisi sarana dan prasarana di PAUD SIKK berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 terdapat 10 standar yang harus terpenuhi. Sarana dan prasarana di PAUD SIKK baru terpenuhi sebanyak empat standar yaitu telah tersedia ruang pendidik, halaman main, Alat Permainan Edukatif (APE), serta tempat sampah yang tertutup. Enam standar sarana prasarana yang belum terpenuhi di PAUD SIKK yaitu luas lahan yang kurang dari 300 m2, rasio kelas yang tidak sesuai dengan jumlah siswa, tidak ada ruang kepala, tidak ada ruang tambahan seperti gudang, ruang pertemuan, tidak ada ruang UKS serta tidak mempunyai jamban khusus PAUD. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa PAUD SIKK masih perlu pengadaan sarana dan prasarana agar sesuai dengan pedoman standar sarana prasarana. Sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar sarana dan prasarana dapat membantu mewujudkan visi dan misi yang menjadi arah tujuan pendidikan. Penelitian ini juga membahas terkait manajemen serta kondisi sarana dan prasarana dalam mewujudkan visi misi PAUD SIKK. Proses manajemen sarana dan prasarana PAUD SIKK belum dilakukan sepenuhnya dengan baik. Berdasarkan pedoman dari Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan mengenai manajemen sarana dan prasarana pendidikan, PAUD SIKK dalam hal manajemen sarana dan prasarana baru melaksanakan proses perencanaan, pengadaan, serta penyimpanan. untuk proses inventarisasi, serta pemeliharaan sudah dilakukan namun belum sesuai dengan pedoman yang ada. Proses terahkir yaitu penghapusan juga belum pernah dilakukan oleh PAUD SIKK. Manajemen sarana dan prasarana yang baik dan sesuai prosedur tentu akan membantu mewujudkan visi dan misi sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kondisi, Sarana dan Prasarana |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 03:24 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 03:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40866 |
Actions (login required)
View Item |