PERKEMBANGAN ASPIRASI KARIR SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR (STUDY MIXED METHOD SD, SMP DAN SMA DI KOTA SEMARANG)


ZARA MAYRA, 0105516033 (2019) PERKEMBANGAN ASPIRASI KARIR SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR (STUDY MIXED METHOD SD, SMP DAN SMA DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERKEMBANGAN ASPIRASI KARIR SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR  (STUDY MIXED METHOD SD, SMP DAN SMA DI KOTA SEMARANG)]
Preview
PDF (PERKEMBANGAN ASPIRASI KARIR SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR (STUDY MIXED METHOD SD, SMP DAN SMA DI KOTA SEMARANG))
Download (769kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mayra, Zara, 2018. “Perkembangan Aspirasi Karir Siswa Dan Implikasinya Bagi Pelayanan Bimbingan Konseling Karir (Study Mixed Method Sd, Smp Dan Sma Di Kota Semarang) “. Tesis Program Study Bimbingan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Sunawan, Ph. D. Pembimbing II, Dr. Edy Purwanto, M.Si Kata Kunci: Aspirasi karir, gender, mixed method Keputusan karir merupakan suatu tindakan untuk dapat memutuskan atau menjatuhkan pilihan pada karir. Kurangnya pemahaman mereka terhadap minat, bakat, kepribadian serta potensi diri akan berdampak pada ketidakmampuan siswa dalam melakukan keputusan karir. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan bagaimana tingkat perkembangan karir aspirasi siswa dilihat berdasarkan gender, serta tingkat pendidikan SD, SMP dan SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods, dengan desain sekuensial eksplanatoris model. Penelitian ini dilakukan di SD, SMP dan SMA di Kota Semarang dengan melibatkan sebanyak 300 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap kuantitaif dengan melakukan penyebaran angket dan didukung oleh tahap kualitatif dengan melakukan wawancara kepada sekitar 18 siswa dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala CASR (Career Aspiration Scale Revised). Analisis dengan menggunakan uji Two-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa gender tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan aspirasi karir siswa, sebaliknya tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam perkembangan karir aspirasi siswa khususnya pada aspek Achievement dan Leadership. Bedasarkan hasil penelitian ini, diharapkan konselor dapat mengenali bagaimana konsep aspirasi karir berdasarkan gender dan tingkat pendidikan siswa, sehingga dapat memuat layanan-layanan yang lebih terperinci tentang bagaimana aspirasi karir, siapa yang mempengaruhi pembentukan aspirasi karir dan apa yang mempengaruhi aspirasi karir pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aspirasi karir, gender, mixed method
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 10:26
Last Modified: 03 Nov 2020 10:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40865

Actions (login required)

View Item View Item