PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA DAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL


YOUSY SISCHA PRATAMA, 0105512070 (2018) PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA DAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA DAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA DAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pratama, Yousy Sischa. 2018. “Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama dan Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof.Dr. Mungin Eddy Wibowo.,M.Pd. Kons., Pembimbing II Dr. Awalya, M.Pd., Kons. Kata Kunci: kecerdasan emosional, bimbingan kelompok, teknik psikodrama, dan teknik sosiodrama. Munculnya indikasi masalah yang berhubungan dengan kecerdasan emosional, seperti kurang mampu untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan pada remaja yang mempunyai sifat labil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kecerdasan emosional siswa, 2) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, 3) tingkat kecerdasan emosional siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dan sosiodrama, 4) keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, dan 5) model bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dan sosiodrama ini divalidasi 2 pakar dan 10 praktisi bimbingan dan konseling. Subjek penelitian adalah 15 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Uji normalitas data yang digunakan adalah kolmogorov-smirnov dan uji keefektifan model menggunakan wilcoxon signed rank test. Hasilnya menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok teknik psikodrama dan sosiodrama tidak efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa (z=-1,604, p˂0,109). Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan teknik lain dalam bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional. peneliti selanjutnya bisa memperbaiki kesalahan peneliti seperti pengambian sampel, memperbaiki skala kecerdasan emosional, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kecerdasan emosional, bimbingan kelompok, teknik psikodrama, dan teknik sosiodrama.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:19
Last Modified: 03 Nov 2020 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40862

Actions (login required)

View Item View Item