KESIAPAN PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH INKLUSI TK FUN AND PLAY KOTA SEMARANG


Hasna Warda Widdaty, 1601415051 (2020) KESIAPAN PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH INKLUSI TK FUN AND PLAY KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KESIAPAN PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH INKLUSI TK FUN AND PLAY KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KESIAPAN PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH INKLUSI TK FUN AND PLAY KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan pengelolaan tenaga pendidik dalam penyelenggaraan sekolah inklusi di TK Fun and Play Kota Semarang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan tenaga pendidik di TK Fun and Play Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen dalam menghimpun data. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah pengelolaan tenaga pendidik dipengaruhi secara emosi, kognitif dan perilaku meliputi perekrutan, seleksi, penempatan, pelatihan, dan evaluasi tenaga pendidik. Faktor pendukung antara lain : (1) sinergi kerjasama dari setiap anggota tim, (2) terdapat guru dengan latar belakang pendidikan SI PGPAUD, (3) dilaksanakan secara keberlanjutan agar pelatihan untuk guru dari lembaga yang selalu ditingkatkan, (4) kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen tenaga pendidik, (5) lingkungan sekolah yang kondusif mendukung bersama dalam peningkatan kompetensi guru, (6) respon positif dari wali murid atas kinerja guru di lembaga. Sedangkan faktor penghambat terletak pada : (1) Sekolah perlu meningkatkan tenaga pendidik dengan latar belakang SI PGPAUD/Psikologi, SI PLB, dan tenaga medis yang dibutuhkan dalam lembaga inklusi pendidikan anak usia dini. 2) Sarana dan prasarana yang perlu ditingkatkan untuk membantu dalam melakukan asesmen dan terapi bagi anak berkebutuhan khusus. 3) Sekolah perlu meningkatkan guru yang telah berpengalaman untuk bergabung di lembaga. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah TK Fun and Play perlu semakin meningkatkan kesiapan dalam pengelolaan tenaga pendidik sebagai penyelenggara sekolah inklusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Pengelolaan Tenaga Pendidik, Penyelenggaraan Sekolah Inklusi, TK Fun and Play
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:16
Last Modified: 03 Nov 2020 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40861

Actions (login required)

View Item View Item