PERBEDAAN KEMANDIRIAN EMOSI, INTELEKTUAL, DAN SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN IBU YANG BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA WANITA DI LUAR NEGERI (DESA TRACAP KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO)


Yusriyyah Baidha’ Mu’adzah, 1601415044 (2020) PERBEDAAN KEMANDIRIAN EMOSI, INTELEKTUAL, DAN SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN IBU YANG BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA WANITA DI LUAR NEGERI (DESA TRACAP KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN KEMANDIRIAN EMOSI, INTELEKTUAL, DAN SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN IBU YANG BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA WANITA DI LUAR NEGERI (DESA TRACAP KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO)]
Preview
PDF (PERBEDAAN KEMANDIRIAN EMOSI, INTELEKTUAL, DAN SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN IBU YANG BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA WANITA DI LUAR NEGERI (DESA TRACAP KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemandirian emosi, intelektual, dan sosial anak usia dini dengan ibu yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita di luar negeri. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah anak 4-6 tahun yang ibunya bekerja sebagai tenaga kerja wanita di luar negeri. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kemandirian dengan jumlah 90 item. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dan uji hipotesis dengan uji One Way ANOVA. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang telah dilakukan diperoleh data uji One Way ANOVA yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan pada kemandirian emosi, intelektual, dan sosial anak usia dini dengan ibu yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita di luar negeri. Analisis deskriptif pada hasil perhitungan didapatkan nilai mean untuk kemandirian emosi sebesar 111,17 kemandirian intelektual sebesar 106,10 dan kemandirian sosial sebesar 59,73. Hal ini berarti bahwa pada anak dengan ibu yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita di luar negeri memiliki kemandirian emosi dan kemandirian intelektual yang tinggi serta kemandirian sosial yang sedang. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan kemandirian emosi, intelektual, dan sosial anak usia dini dengan ibu yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita di luar negeri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Emosi, Intelektual, Sosial, Ibu Bekerja, Tenaga Kerja Wanita.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:13
Last Modified: 03 Nov 2020 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40860

Actions (login required)

View Item View Item