PENGELOLAAN LINGKUNGAN BERMAIN ANAK BERBASIS GREEN SCHOOL UNTUK KEMAMPUAN SAINTIFIK ANAK (PENELITIAN DI TK LEBAH PUTIH SALATIGA)


Maryanti Purwaningsih, 1601415008 (2020) PENGELOLAAN LINGKUNGAN BERMAIN ANAK BERBASIS GREEN SCHOOL UNTUK KEMAMPUAN SAINTIFIK ANAK (PENELITIAN DI TK LEBAH PUTIH SALATIGA). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGELOLAAN LINGKUNGAN BERMAIN ANAK BERBASIS GREEN SCHOOL UNTUK KEMAMPUAN SAINTIFIK ANAK (PENELITIAN DI TK LEBAH PUTIH SALATIGA)]
Preview
PDF (PENGELOLAAN LINGKUNGAN BERMAIN ANAK BERBASIS GREEN SCHOOL UNTUK KEMAMPUAN SAINTIFIK ANAK (PENELITIAN DI TK LEBAH PUTIH SALATIGA)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ruang bermain tidak terbatas pada bangunan bersekat. Lingkungan alam sekitar kaya akan material bermain. Anak usia dini memiliki kecenderungan alami untuk bermain dengan alam. Kemampuan saintifik dapat dilatih sejak dini dengan memanfaatkan kecenderungan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mengidentifikasi pendekatan greenschool pada pengelolaan lingkungan bermain di TK Lebah Putih serta stimulasinya untuk kemampuan saintifik anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Lokasi penelitian di TK Lebah Putih Salatiga. Sumber data dalam penelitian ini ada 8, yakni (1) KJ selaku Kepala TK Lebah Putih, (2) KW selaku fasilitator TK 1, (3) KD selaku fasilitator TK 2, dan (4) lima orang anak TK B, masing-masing adalah Ad, Cc, Kz, Sb, dan Sd. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Model analisis Milles dan Huberman digunakan sebagai teknik analisis data. Metode triangulasi dan membercheck digunakan untuk mengujikeabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) pendekatan greenschoolTK Lebah Putih tercermin pada konsep sekolah alami yang diusung, (b) aspek pengelolaan alami mempertimbangkan keselarasan alam, (c) anak-anak memunculkan keterampilan saintifik secara terintegrasi melalui pengalaman bermain di lingkungan alami. Diketahui keterampilan saintifik anak tidak selalu berjalan secara berurutansesuai tahapan proses sains.Pemerintah Dinas Pendidikan disarankan menilik sistem bangunan sekolah di masing-masing daerah, pedoman dan kebijakan yang mendukung potensi alami pada bidang pendidikan harus dipertimbangkan. Guru, khususnya di TK Lebah Putih dapat lebih fleksibel dalam menilai kemampuan saintifik anak, tidak harus berurutan sesuai tahapan proses sains. Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lingkungan alami tautannya pada kemampuan saintifik anak dengan metode berbeda dan dalam cakupan lokasi yang lebih luas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan bermain, greenschool, kemampuan saintifik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:11
Last Modified: 03 Nov 2020 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40859

Actions (login required)

View Item View Item